kehamilan

Kisah Aktor Korea Park Bo Gum: Sempat Digugurkan dari Rahim Ibu

Yuni Ayu Amida Rabu, 11 Sep 2019 16:30 WIB
Kisah Aktor Korea Park Bo Gum: Sempat Digugurkan dari Rahim Ibu
Jakarta - Nama aktorĀ Park Bo Gum tentu sudah tidak asing lagi bagi para bunda pecinta drama Korea. Rupanya, pemuda berusia 26 tahun ini punya kisah pilu di balik kehadirannya ke dunia.

MengutipĀ InsertLive, hal ini diketahui melalui sebuah surat dari ayah Bo Gum. Ternyata saat dalam kandungan sang bunda, Bo Gum pernah akan digugurkan, namun gagal.

"Istri saya akhirnya hamil pada usia lanjut, dan pada saat itu kami mengira dia tidak subur. Kami tidak tahu dia hamil, jadi dia minum beberapa obat (untuk penyakit yang dia alami saat itu)," tulis ayah Bo Gum, dilansir Koreaboo.


Setelah tahu sang istri hamil, orang tua Bo Gum pun khawatir akan melahirkan bayi cacat karena pengaruh obat yang diminum sang ibu. Itu sebabnya, orang tuanya pun mencoba menggugurkan janin tersebut.

"Kami khawatir melahirkan anak cacat (karena obat-obatan), jadi kami mencoba menggugurkan jabang bayi. Tetapi sepertinya itu bukan kehendak Tuhan. Pada akhirnya, dia melahirkan anak laki-laki yang sehat," lanjut sang ayah.

Kisah Aktor Korea Park Bo Gum: Sempat Digugurkan dari Rahim IbuFoto: Palevi S/detikFoto


Namun, masalah ternyata tak berhenti sampai di sana. Setelah dilahirkan, meski kondisinya tidak cacat, Bo Gum terkena penyakit parah, bahkan hampir meninggal dunia.

"Ketika bayi kami yang sehat dipegang ibunya, dia tiba-tiba mulai menangis dan harus dilarikan ke UGD karena suhunya yang tinggi."

"Selama beberapa hari, tidak ada peningkatan, dan bayi itu perlahan mulai terlihat seperti mayat, dan dokter terus mengatakan hal-hal negatif yang membuat kami kecewa."

Bersyukur, nyawa Bo Gum terselamatkan. Singkat cerita, selang beberapa waktu, setelah dibawa ke pendeta, diberi pemberkatan, dilantunkan beberapa himne serta doa, Bo Gum dinyatakan sembuh dan kembali sehat.

Pelajaran dari kisah Bo Gum, ibu hamil enggak boleh asal minum obat ya, Bun. Melansir detikcom, penelitian terbaru dari Cincinnati Children's Hospital Medical Center mengungkap, ibu hamil yang mengonsumsi antibiotik dalam waktu lama dapat mengganggu sistem imun atau kekebalan janin, sehingga menyebabkan masalah kesehatan pada si anak.

Itu sebabnya, saat ibu hamil memutuskan akan mengonsumsi obat, sebaiknya perlu konsultasi dengan dokter. Seperti kata dr.M. Nurhadi Rahman, Sp.OG, dari RS Dr Sardjito Yogyakarta, misal untuk flu dan sakit gigi, dokter akan memberi resep obat yang kandungannya hanya parasetamol saja, tanpa ada campuran lain.

Lihat juga video Park Bo Gum ini, Bun.

[Gambas:Video 20detik]



Ibu hamil juga tidak dianjurkan melakukan pengobatan sendiri, Bun. Termasuk saat memilih obat tradisional. Serta pilihlah produk yang sudah mendapat sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kalau beli di jalan atau yang tidak bersertifikasi, walaupun herbal, kita tidak pernah tahu komposisi yang digunakan aman atau tidak. Jadi, sebaiknya dihindari saja," pesan Nurhadi.

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi