kehamilan

Waspada, Ini Gaya Hidup Ibu Hamil Penyebab Cacat Janin

Yuni Ayu Amida Rabu, 30 Oct 2019 16:03 WIB
Waspada, Ini Gaya Hidup Ibu Hamil Penyebab Cacat Janin
Jakarta - Cacat janin merupakan kondisi di mana bayi lahir tidak sempurna, Bunda. Tentunya tak ada orang tua yang menginginkan hal seperti ini terjadi. Namun, apa penyebabnya ya?

Melansir dari Health Line, cacat janin bisa disebabkan karena dua faktor, yakni genetik dan non-genetik. Faktor genetika berarti berasal dari orang tua sendiri. Artinya, ibu atau ayah bisa menularkan kelainan genetik pada bayinya.

Kelainan genetik terjadi ketika gen menjadi cacat karena adanya mutasi atau perubahan. Dalam beberapa kasus, gen atau bagian gen mungkin hilang. Cacat ini terjadi pada saat pembuahan dan seringkali tidak dapat dicegah. Dalam kasus cacat tertentu, mungkin terjadi karena ada sejarah keluarga, entah dari ibu atau ayah.


Sedangkan cacat lahir akibat faktor non-genetik di antaranya karena perilaku atau gaya hidup ibu saat hamil, termasuk merokok, menggunakan obat-obatan terlarang, atau mengonsumsi alkohol. Serta faktor lain seperti paparan obat-obatan dan bahan kimia tertentu, infeksi selama kehamilan, atau kombinasi dari faktor-faktor ini.
Waspada, Ini Gaya Hidup Ibu Hamil Penyebab Cacat JaninFoto: iStock


Senada dengan hal tersebut, disampaikan dr.Ivan Maurits Sondakh, Sp.OG, kebiasaan hidup seperti merokok dan minum alkohol harus dihentikan, bahkan sebelum pasangan memutuskan untuk memiliki keturunan. Karena jika berhentinya setelah hamil, maka bisa dikatakan terlambat.

"Pembentukan organ janin, mungkin lima hari sebelum kita tahu hamil, jadi harus disetop, begitu pengen punya anak harus disetop (kebiasaan tersebut)," terang Ivan kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Ivan menambahkan, jangankan merokok, ibu hamil yang sering terpapar asap rokok pun bisa terpengaruh ke janin. Hal ini karena rokok mengandung ribuan zat yang berbahaya bagi janin.

"Walaupun dia sudah masuk dalam ruangan, di bajunya itu ada tersisa racun. Jadi bukan cuma nikotin yang menyebabkan cacat janin, dari satu rokok itu ada ribuan zat, termasuk karbon monoksida, walaupun tidak terkena asap tapi di baju tetap terhirup," paparnya.

"Rokok elektrik juga sama, meskipun belum banyak penelitiannya, tapi pasti ada banyak dampaknya, walaupun dikatakan enggak ada nikotin, tapi zat-zat lain pasti ada," tegas Ivan.


[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi