kehamilan

Ajaib! Sempat Meninggal Saat Hamil, Ibu Ini Melahirkan 4 Bulan Kemudian

Siti Hafadzoh Kamis, 31 Oct 2019 18:05 WIB
Ajaib! Sempat Meninggal Saat Hamil, Ibu Ini Melahirkan 4 Bulan Kemudian
Jakarta - Pasangan Kelly Evans dan suaminya, Gareth menceritakan pengalaman yang luar biasa. Saat mengandung putri keduanya, Evans mengalamiĀ kondisi darurat medis yang sangat mengerikan di usia kehamilan 23 minggu.

Dilansir Little Things, Ibu usia 35 tahun ini mengalami serangan jantung. Kondisi tersebut tergolong penyakit langka karena menyebabkan jantung berdetak tidak normal.

Evans didiagnosis penyakit langka turunan, Wolff Parkinson White Syndrome sejak remaja. Kondisi ini menyebabkan jantung Evans berdetak sangat cepat, menyebabkan pusing, sesak napas, bahkan pingsan.


"Pada hari itu saya hampir mati. Saya bangun sekitar jam 5 pagi dengan yang saya pikir panik menyerang. Saya melakukan semua hal yang disarankan, saya minum air, duduk di kamar mandi dan melakukan latihan pernapasan. Tapi, itu tidak menghilangkannya selama setengah jam," kata Evans.

Akhirnya, Evans pingsan dan suaminya yang tidak menyadari kalau ia terkena serangan jantung. Gareth menghubungi nomor layanan darurat. Namun, tidak ada ambulans yang tersedia. Jadi, first aider (penolong pertama) dikirimkan. Penolong bernama Stephanie berupaya tenang, dan untungnya dia tahu betul apa yang harus dilakukan.

Stephanie menggunakan defibrilator untuk memompa dada Evans dan menghidupkannya lagi. Ia sempat tidak sadarkan diri selama empat menit.

Ajaib! Sempat Meninggal Saat Hamil, Ibu Ini Melahirkan 4 Bulan KemudianIlustrasi melahirkan/ Foto: iStock

Setelah kejadian itu, ambulans pun tiba dan Evans dibawa ke rumah sakit. Ia menjalani operasi jantung. Ajaibnya, empat bulan kemudian, anak mereka lahir.

Anak perempuan ini mereka beri nama Ava. Ava lahir dengan keadaan benar-benar sehat. Sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda efek buruk dari peristiwa yang dialami ibunya.

"Jika penolong pertama tidak datang, itu akan menjadi cerita yang sangat berbeda," kata Evans dilansir The Sun.

Evans dan suaminya sangat berterima kasih kepada Stephanie. Karena kalau ia tidak datang, putri kecilnya tidak akan lahir.

"Dia menyelamatkan hidupku dan tanpanya, mungkin tidak akan ada aku atau pun Ava di sini hari ini," kata Evans.

Sindrom Wolff Parkinson White (WPW) seperti yang dialami Evans merupakan sindrom bawaan lahir yang jarang terjadi. Mengutip Mayo Clinic, gen yang tidak normal menjadi salah satu penyebabnya. Sindrom ini juga dihubungkan dengan beberapa bentuk penyakit jantung bawaan.

Untuk beberapa orang, sindrom WPW tidak menyebabkan masalah yang signifikan. Tapi, komplikasi dapat terjadi. Jika tidak diobati, sindrom ini akan menyebabkan pingsan, detak jantung yang cepat, dan kematian (jarang terjadi).

Pada saat itu Evans memang pingsan karena sindrom WPW yang ia miliki sejak lahir. Untung saja, nyawa Evans masih bisa terselamatkan berkatĀ pertolongan pertama ya, Bun. Jadi saat ini ia bisa berkumpul bersama keluarganya.

Segera cari pertolongan pertama, ketika mengalami masalah kesehatan ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi