kehamilan

Kisah Wanita Lahirkan Bayi Prematur 5 Kali Berturut-turut, Kok Bisa?

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 05 Nov 2019 10:40 WIB
Kisah Wanita Lahirkan Bayi Prematur 5 Kali Berturut-turut, Kok Bisa?
Jakarta - Melahirkan bayi prematur bisa dialami wanita. Tapi, hal berbeda terjadi pada wanita bernama Jodie Hollis-Tobin. Dia melahirkan bayi prematur lima kali berturut-turut, Bun.

Wanita 23 tahun ini tahu dirinya memiliki serviks yang tidak normal setelah melahirkan bayinya yang ketiga, Hudson, secara prematur. Nah, pada Januari lalu, bayi keempat Jodie yang diberi nama Vladimir lahir saat usia kandungan 16 minggu. Sayang, dia meninggal 7 menit setelah lahir.

"Dokter memberi tahu bahwa saya mengalami uterus didelphys di mana saya punya dua rahim," kata Jodie dilansir Essential Baby.


Sebelum melahirkan Vladimir, Jodie hanya tahu dirinya mengalami kehamilan ektopik. Makanya, beberapa kali Jodie juga mengalami keguguran, Bun. Tes yang dilakukan sang dokter, Renuka Sekar menunjukkan ada dua rahim di tubuh Jodie dengan pembatas di bagian tengah.

Awalnya, Jodie mengaku shock. Tapi, dia lama-lama bisa menerima penyebab kehamilannya selalu berakhir dengan kelahiran yang berbahaya. Meski sudah tahu penyebab pastinya, Jodie masih sering menyalahkan dirinya sendiri, Bun.

Masih dalam masa berduka kehilangan Vladimir, rupanya Jodie hamil lagi. Dia dan pasangannya, Christopher Swan pun menyambut bayi mereka. Sang dokter un berjanji melakukan yang terbaik supaya si kecil bisa lahir penuh bulan (37 minggu).

Jodie Hollis-Tobin yang melahirkan prematur 5 kaliJodie Hollis-Tobin yang melahirkan prematur 5 kali/ Foto: Instagram/ @jodiehollistobin
"Akhirnya, anak kelima saya lahir. Kami memberinya mana Velora Renuka, mengambil sebagian nama dokter yang menangani anak kami. Dia lahir di usia kandungan 27 minggu pada 24 September, setelah beberapa hari saya mengalami kontraksi," papar Jodie.

Sebelumnya, Jodie punya tiga anak sebelum Vladimir yang meninggal, dan sama-sama lahir prematur. Mereka adalah Ariella Jayme (4) yang lahir saat usia kandungan 33 minggu, Tobias (3) yang lahir saat usia kehamilan 25 minggu, dan Hudson (2) yang lahir di usia kehamilan 23 minggu.

"Sebelum pulang ke rumah, Velora belajar berbagai keterampilan. Dia dilatih bernapas, mengatur suhu tubuhnya, dan belajar mengisap ASI lewat selang untuk meningkatkan berat badannya," kata Jodie.

Jodie Hollis-Tobin yang melahirkan prematur 5 kaliJodie Hollis-Tobin yang melahirkan prematur 5 kali/ Foto: Instagram/ @jodiehollistobin
Dikutip dari Mayo Clinic, rahim ganda adalah kondisi kongenital abnormal yang jarang terjadi. Saat di kandungan, biasanya rahim dibentuk dengan dua tabung kecil yang seiring bertambahnya usia kehamilan, tabung itu menyatu dan jadi rahim.

Hanya saja, tanpa sebab yang pasti, kedua tabung itu enggak menyatu, berpisah dengan memiliki vagina bahkan mulut rahim sendiri. Wanita dengan rahim ganda bisa hamil tapi dengan risiko bayi lahir prematur dan keguguran. Selain itu, mereka juga berisiko mengalami infertilitas dan kelainan ginjal. Gejala rahim ganda pun enggak dirasakan wanita.

Simak juga nutrisi untuk bayi prematur di video ini. 

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi