kehamilan

Ibu Hamil Tiba-tiba Alergi, Bolehkah Minum Obat?

Muhayati Faridatun Kamis, 09 Jan 2020 08:40 WIB
Ibu Hamil Tiba-tiba Alergi, Bolehkah Minum Obat?
Jakarta - Bisakah ibu hamil tiba-tiba mengalami alergi? Padahal, sebelum hamil tidak pernah alergi. Lalu, kalau alergi mendadak datang, bolehkah ibu hamil minum obat?

Ini seperti yang Bubun alami saat hamil anak pertama. Di usia kehamilan delapan bulan, waktu bangun tidur kaget banget karena kedua mata Bubun bengkak. Leher tiba-tiba gatal dan timbul bercak-bercak merah seperti biang keringat.


Karena panik, Bubun langsung hubungi dokter kandungan. Hari itu juga langsung daftar untuk konsultasi. Sampai di ruang periksa, dokter malah tertawa lho, Bun. He-he-he.


"Hamil enak kan, Bu. Ya memang begitu ada-ada saja keluhannya. Nanti saya rujuk ke spesialis imunologi," kata dr.Achmad Mediana, Sp.OG, di Rumah Sakit Asri Siloam, Jakarta Selatan.

Setelah memberi rujukan ke spesialis imunologi, dokter berpesan untuk memberi tahu resep obat yang diberikan sebelum menebusnya di apotek. Tentu saja, dokter obgyn harus memastikan obat alergi itu aman dikonsumsi ibu hamil.

Ilustrasi ibu hamil alergiIlustrasi ibu hamil alergi/ Foto: iStock
Ya, setelah itu Bubun baru ingat. Ternyata sehari sebelum terkena alergi, Bubun ke toko furniture membeli kasur untuk bayi. Mungkin karena terpapar debu saat memilih kasur, Bubun jadi kena alergi meskipun sebelum hamil enggak pernah mengalami.

Melansir dari What to Expect, ibu hamil memang bisa saja terkena alergi, kadang untuk pertama kalinya atau memang sudah punya riwayat alergi. Disebutkan juga, alergi sangat umum terjadi saat kehamilan dan tidak semua ibu hamil yang mengalaminya adalah pengidap alergi jangka panjang.

"Banyak wanita tanpa alergi sebelumnya hanya mengeluh gejala itu selama kehamilan," demikian dijelaskan dalam ulasan berjudul Allergies During Pregnancy tersebut.

Tapi, Bunda enggak perlu khawatir kalau tiba-tiba mengalami alergi saat hamil. Alergi selama kehamilan umumnya tidak mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Tapi disarankan, ibu hamil yang terkena alergi sebaiknya konsultasi ke dokter, sebelum mengonsumsi obat apapun.


Bunda, simak juga tips agar kulit tidak kering selama hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi