Sign Up search


kehamilan

Mau Konsumsi Kurma Muda untuk Program Hamil? Perhatikan Dahulu Hal Ini

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 19 Feb 2020 15:50 WIB
Mau Konsumsi Kurma Muda untuk Program Hamil? Perhatikan Dahulu Hal Ini caption
Jakarta - Bagi Bunda dan Ayah yang tengah berencana menjalankan program hamil, pasti pernah dengar memanfaatkan kurma muda untuk suksesnya program hamil. Sebenarnya, apa sih kandungan kurma muda?

Ahli gizi Irtya Qiyamulail bilang kurma muda memiliki tekstur yang tidak terlalu lembek seperti kurma matang dan berusia kurang lebih 120 hari. Kurma muda mengandung kalori dan gula yang lebih sedikit dibanding kurma tua.


"Baik kurma muda maupun kurma tua memiliki zat gizi yang kurang lebih sama yaitu serat, kalium, vitamin B1, B2, B3, B6 dan vitamin C, serta mineral," ujar Irtya saat berbincang dengan HaiBunda.


Selain kurma muda, buah zuriat juga kerap disebut ampuh untuk dijadikan resep suksesnya program hamil. Bunda pernah dengar kabar ini?

Terkait hal ini, Irtya menegaskan buah zuriat atau doum palm (Hyphaene thebaica) mengandung high quality protein seperti lisin dan sistein. Kemudian, memiliki kandungan kalsium, senyawa antioksidan dan metabolit sekunder seperti tanin, fenol, saponin, dan flavonoid.

"Saat ini banyak masyarakat Indonesia mengonsumsi buah kurma muda dan buah zuriat karena dipercaya sebagai penambah fertilitas dan dikonsumsi sebagai program kehamilan," papar dia.

Meski begitu, Irtya mengatakan penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidak terdapat peningkatan kadar B-Estradiol yang signifikan pada sampel tikus yang diberikan buah kurma muda.

Kadar B-Estradiol adalah hormon estrogen utama yang berperan dalam sistem reproduksi perempuan. Selain itu, penelitian yang berbeda menunjukkan bahwa konsumsi buah zuriat dengan dosis yang sedikit bisa meningkatkan kadar testosteron.

"Namun, konsumsi dalam jumlah yang banyak malah akan mengganggu kadar testosteron di dalam tubuh. Berdasarkan studi-studi tersebut dapat disimpulkan bahwa konsumsi kurma muda dan buah zuriat tidak meningkatkan kualitas reproduksi manusia secara signifikan," jelas Irtya.

Ilustrasi kurma mudaIlustrasi kurma muda/ Foto: iStock

Apabila Bunda dan Ayah mau mengonsumsi kurma muda dan buah zuriat sebagai salah satu upaya program hamil, kata Irtya silahkan saja dikonsumsi.

Tapi, jangan berlebihan dan sesuai batasan ya. Jangan lupa konsumsi asupan makanan harian yang beragam, bergizi dan berimbang.



"Perlu diingat juga bahwa kesuksesan program hamil selain dari makanan juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti gaya hidup, kondisi medis, stress dan faktor lainnya," pungkas Irtya.

Pesan Marrisa Nasution buat Bunda yang sedang sedih bisa dilihat di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi