Sign Up search


kehamilan

Mengenali 5 Tanda Hamil Muda dari Perubahan yang Dirasakan Tubuh

Siti Hafadzoh Rabu, 26 Feb 2020 07:00 WIB
Mengenali 5 Tanda Hamil Muda dari Perubahan yang Dirasakan Tubuh caption
Jakarta - Beberapa wanita tidak menyadari perubahan pada tubuhnya ketika hamil. Padahal, ada tanda hamil muda yang kan dirasakan tubuh.

Ketika hamil, Bunda mengalami berbagai perubahan pada tubuh. Perubahan tersebut mungkin dapat dirasakan oleh Bunda dan bisa menjadi salah satu tanda hamil muda.


Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 tanda hamil muda yang dirasakan tubuh.


1. Mual

Ibu hamil biasanya mulai mengalami mual sekitar dua minggu setelah pembuahan. Biasanya, gejala mual dan muntah memuncak ketika trimester pertama.

Dilansir We Have Kids, mual alias morning sickness terjadi karena respons tubuh akibat hormon hCG. Hormon hCG meningkat ketika trimester pertama.

"Pada awal kehamilan, kadar hCG seharusnya meningkat dua kali lipat setiap dua hingga tiga hari," kata Terry Hoffman, dokter kandungan di Medical Center Baltimore dikutip dari Huffington Post.

2. Kram

Mengutip American Pregnancy, kram terjadi ketika rahim membesar, menyebabkan ligamen dan otot meregang. Kram mungkin akan lebih terasa ketika Bunda bersin, batuk, atau bergerak.

Kram perut bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Kram terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel di dinding rahim yang disebut sebagai implantasi.

"Rahim adalah otot, dan satu-satunya hal yang diketahui otot adalah kontraksi, dan kontraksi terasa seperti kram," kata Holly Puritz, M.D., direktur medis untuk Sentara Leigh Hospital Group for Women di Virginia dikutip dari Parents.

Mengenali 5 Tanda Hamil Muda dari Perubahan yang Dirasakan TubuhIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
3. Kembung

Salah satu penyebab perut kembung adalah peningkatkan hormon progesteron di awal kehamilan. Hormon progesteron menyebabkan jaringan otot polos di saluran cerna menjadi rileks. Sehingga, ini menyebabkan perut jadi kembung.

"Akibat otot yang rileks, sistem pencernaan dan aliran darah ke janin menjadi lambat lalu menyababkan perut terasa kembung dan kadang disertai kram perut," ujar Murkoff, dikutip dari What to Expect.

4. Sembelit

Selain menjadi gangguan kesehatan, sembelit juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Perubahan hormon yang terjadi selama hamil, khususnya di trimester pertama menyebabkan saluran pencernaan melambat. Ini alasan kenapa ibuĀ hamil sering mengalami sembelit.

Untuk mengatasinya, Bunda bisa mengonsumsi makanan kaya serat seperti brokoli, edamame danĀ buah-buahan. Jangan lupa juga untuk minum 8 gelas air setiap hari ya, Bun.


5. Sering buang air kecil

Tanda kehamilan ini sudah mulai muncul ketika 2-3 minggu setelah pembuahan. Tapi, lebih sering terjadi ketika enam minggu kehamilan.

Sering buang air kecil terjadi karena hCG meningkatkan aliran darah ke area panggul. Ini membantu sistem pembuangan urine menjadi lebih cepat.

Bunda juga bisa simak ciri hamil dari perubahan kulit berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi