Sign Up search


kehamilan

Tanda Awal Kehamilan, Bunda Jadi Lebih Sensitif pada Bau

Siti Hafadzoh Senin, 02 Mar 2020 07:00 WIB
Tanda Awal Kehamilan, Bunda Jadi Lebih Sensitif pada Bau caption
Jakarta - Ketika hamil, Bunda akan mengalami berbagai perubahan, bahkan sejak awal kehamilan. Salah satu perubahannya adalah indra penciuman yang semakin sensitif.

Beberapa ibu hamil mengalami perubahan yang cukup signifikan pada indra penciuman mereka. Bunda mungkin merasa lebih sensitif terhadap sesuatu yang terlalu bau atau wangi.


Melansir What to Expect, banyak wanita hamil memerhatikan perubahan pada indra penciuman selama trimester pertama. Tapi, pengaruh perubahan tersebut berbeda-beda pada setiap ibu hamil.


Ada ibu hamil yang jadi sering mual karena indra penciumannya sensitif terhadap bau. Sedangkan, beberapa ibu hamil lain merasakan hal tersebut.

Indra penciuman yang sensitif terjadi karena aliran darah di dalam tubuh meningkat hingga 50 persen. Sehingga, darah mengalir ke otak dengan lebih cepat dan dalam jumlah besar. Ini mempertinggi respons terhadap sesuatu.

Tanda Awal Kehamilan, Bunda Jadi Lebih Sensitif pada BauIlustrasi hamil muda/ Foto: iStock

"Beberapa ahli mengira itu lah sebabnya Anda bereaksi lebih kuat terhadap bau," kata dosen kebidanan Denyse Kirkby dikutip dari Mother and Baby.

Karena hal ini terjadi pada trimester pertama, sensitif terhadap bau bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Bagaimana cara mengatasi kondisi ibu hamil sensitif terhadap bau?


Dikutip dari Baby Bump, berikut tips yang bisa Bunda ikuti.

1. Gunakan alat mandi yang tidak berbau supaya Bunda tidak merasa terganggu.

2. Lebih sering ganti pakaian.

3. Gunakan pengharum ruangan atau parfum yang baunya lebih ringan.

Bunda juga bisa simak manfaat teh untuk ibu hamil di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]




(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi