sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengenal Trimester Keempat, Periode Krusial Usai Ibu Melahirkan

Annisa Karnesyia Minggu, 21 Jun 2020 06:00 WIB
ilustrasi bayi baru lahir caption
Jakarta -

Kehamilan umumnya berakhir sampai trimester tiga, Bunda. Namun, tak banyak yang tahu, ada yang disebut trimester keempat kehamilan.

Mengutip Healthline, trimester keempat adalah periode transisi antara kelahiran dan 12 minggu pasca melahirkan, di mana bayi menyesuaikan diri dengan dunia di luar dan dan bagaimana ibu menyesuaikan diri dengan bayinya.

Dr.Harvey Karp, dokter anak terkenal dan penulis The Happiest Baby on the Block, adalah orang yang mempopulerkan konsep trimester keempat. Karp mendorong orang tua untuk menganggap bayi mereka sebagai janin di luar rahim selama 3 bulan pertama kehidupan.


Orang tua juga mengalami transisi besar selama 12 minggu pertama ini, Bunda. Perlu waktu untuk menguasai keterampilan untuk membedakan tangisan bayi lapar atau lapar.

Ketika bayi lahir, seringkali fokus ibu bergeser kepada si kecil sehingga lupa dengan kesehatan dan kesejahteraan diri sendiri. Sangat mudah bagi ibu baru kewalahan dalam beberapa minggu pertama. Ibu juga merasa lelah karena masih dalam masa pemulihan fisik setelah melahirkan dan terjadi perubahan hormon.

ilustrasi bayi baru lahirIlustrasi bayi baru lahir/ Foto: Getty Images/iStockphoto/tonefotografia

Menurut spesialis ibu dan janin di Massachusetts General Hospital (MGH), Ilona T. Goldfarb, MD, MPH, setelah melahirkan bayi akan melakukan kunjungan pertama usai pulang ke rumah. Sedangkan, ibu akan kunjungan rutin yang dijadwalkan selama 6 - 8 minggu setelah melahirkan.

"Mungkin bagi banyak wanita yang berisiko rendah, interval panjang antara melahirkan dan kunjungan nifas dengan dokter kandungan seperti ini tidak terlalu masalah," kata Goldfarb, dilansir laman Harvard Health Publishing.

Usai 6 minggu melahirkan, sebagian besar wanita tidak lagi merasakan sakit bekas operasi caesar. Namun, tak sedikit yang menghadapi tantangan fisik dan emosional dalam menyusui dan mengatasi baby blues.

"Meskipun periode pasca persalinan awal ini adalah saat yang menyenangkan, tapi juga merupakan waktu yang sangat rentan. Wanita dan keluarga mereka mengalami perubahan fisiologis, sosial, dan emosional yang substansial," ujar Goldfarb.

Bunda juga diharapkan aktif berdiskusi dengan dokter kandungan atau tenaga kesehatan ya. Tanyakan tentang tantangan yang dihadapi usaiĀ melahirkan untuk mendapatkan solusi yang tepat.Di trimester keempat ini, bantuan dari pasangan dan keluarga penting, Bunda. Kita bisa mendorong suami untuk ikut dalam mengasuh bayi, sehingga beban usai melahirkan bisa dibagi bersama.

Simak juga cara tepat memandikan bayi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi