sign up SIGN UP search


kehamilan

Saffron, Bumbu Masak Bermanfaat untuk Program Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 16 Aug 2020 18:13 WIB
Safflower for diet tea and healthy low fat cooking oil herbal in herb store background caption
Jakarta -

Bagi para Bunda yang melakukan program hamil, saffron mungkin tak asing lagi. Asupan ini memang banyak diandalkan pasangan yang sedang menjalani promil.

Saffron, secara ilmiah dikenal sebagai crocus sativus, benang serbuk sari oranye kemerahan dari bunga kunyit. Biasanya, banyak digunakan untuk menambahkan rasa ke berbagai masakan di beberapa negara.

Terlepas dari hal tersebut, manfaat saffron untuk program hamil juga tak diragukan lagi. Banyak penelitian membuktikan efek baik dari saffron untuk Bunda yang sedang melakukan program hamil, seperti dikutip dari laman Ndtv.


Menurut Meghna Krishna, Ahli Nutrisi Klinis, saffron adalah salah satu rempah-rempah termahal yang digunakan dalam Ayurveda. Saffron diketahui memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan dan memiliki sifat antiinflamasi serta anti-jamur.

Sejak berabad-abad, ekstrak tanaman ini telah dikenal karena sifat afrodisiaknya yang menakjubkan. Saffron pun secara alami dapat meningkatkan vitalitas seksual baik pada pria maupun wanita.

Bahkan, saffron juga telah digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi yang berkaitan dengan pertambahan usia. Sebab, saffron memiliki sifat afrodisiak yang kuat, di mana dapat membantu meningkatkan kadar androgen pada wanita.

Raw Organic Red Saffron Spice in a BowlSaffron untuk program kehamilan/ Foto: Thinkstock

Menambahkan saffron dalam makanan dapat memiliki manfaat ajaib bagi kesehatan. Tapi ingat, konsumsi secukupnya saja ya, Bunda. Selain itu, saffron juga menjadi makanan super karena meningkatkan kekebalan dan kekuatan, seperti dikutip dari laman Times of India.

Penelitian juga membuktikan bahwa saffron efektif dalam mengobati infertilitas. Saffron diketahui dapat meningkatkan libido pada pria dan wanita.

"Pasangan yang berjuang dengan masalah infertilitas penting sekali mengonsumsi saffron guna meningkatkan peluang pembuahan," ujar Dr Rita Bakshi, ginekolog senior dan ahli IVF di Internasional Fertilyty Centre.

Bakshi juga menyarankan bagi para pasangan mengambil manfaat saffron untuk program hamil. Tetapi, ia mengingatkan untuk mengonsumsinya tidak secara berlebihan yakni tidak lebih dari 1,5 gram sehari guna mendapatkan manfaat yang diharapkan.

Nah, Bunda dan Ayah tertarik mencoba? Semoga berhasil ya...

Bunda, simak juga yuk tips cepat hamil dari dr.Reisa Broto Asmoro berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi