sign up SIGN UP search


kehamilan

Panduan Aman Mengonsumsi Saffron Selama Hamil agar Tak Sebabkan Keguguran

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 02 Oct 2020 14:58 WIB
Safflower for diet tea and healthy low fat cooking oil herbal in herb store background caption
Jakarta -

Sebagian Bunda percaya bahwa saffron bagus untuk memulai program kehamilan. Tak heran, saffron pun banyak diandalkan para pasutri yang sedang menjalani program hamil (promil).

Melansir dari Baby Center, Bunda dapat menambahkan sedikit saffron ke dalam susu ketika menjalankan promil. Tetapi, layaknya ramuan atau rempah-rempah lainnya, sebaiknya Bunda menggunakannya dalam jumlah yang cukup alias tidak berlebihan.

"Dalam dosis besar (sekira lebih dari 10 gram sehari), saffron dapat bertindak sebagai stimulus uterus yang dapat menyebabkan kontraksi. Dalam kondisi kehamilan, tentu dapat menyebabkan persalinan prematur atau keguguran," ujar Dr Ashniwi Nabar, ahli kebidanan dan ginekolog di India.


Untuk mengonsumsi saffron, sebaiknya Bunda memastikan membelinya dari toko yang bisa menjamin kualitasnya. Hindari membeli saffron dengan bentuk kemasan yang tidak baik. Sebab, ramuan yang mahal ini sering ditemukan dipalsukan.

Untuk memastikan keamanan pemakaian saffron selama promil, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter, Bunda. Terutama bagi Bunda yang memiliki riwayat risiko kesehatan.

Berbicara mengenai manfaat, saffron yang dikonsumsi dalam jumlah kecil, dipercaya memiliki berbagai manfaat karena sifat obatnya. Sebuah survei yang diterbitkan dalam Journal of Basic Medical Sciences menemukan bahwa sifat astringen dalam saffron membantu membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan aliran darah, meningkatkan nafsu makan, dan mendukung pencernaan, seperti dikutip dari laman Momjunction.

Selain aman dikonsumsi bagi Bunda yang sedang promil, saffron pun aman dikonsumsi selama kehamilan selama tidak berlebihan. Saffron diketahui bermanfaat bagi ibu hamil untuk membantu tidur nyenyak selama kehamilan. Sebab, saffron dikenal sebagai anti-depresi dan dapat membantu meningkatkan suasana hati.

Tak hanya itu, saffron juga membantu ibu hamil mengatasi nyeri dan kram yang sering dialami. Sifat anti-spasmodik dan anti-inflamasi dapat membantu kram dan nyeri yang dikarenakan otot dan tulang meregang untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi tersebut jadi lebih rileks sekaligus menenangkan kram yang Bunda alami.

Semoga informasi mengenai saffron untuk program kehamilan membantu ya, Bunda.

Simak juga cerita Nuri Shaden tentang rencana program kehamilan yang ingin dijalankan:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi