sign up SIGN UP search


kehamilan

Tanda-tanda Hamil 1 Hari, Apakah Bisa Dideteksi?

Haikal Luthfi Jumat, 28 Aug 2020 16:18 WIB
ilustrasi hamil caption
Jakarta -

Penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan. Terkadang, tak sedikit dari wanita yang tidak menyadarinya lho, Bunda.

Terkadang kehamilan mungkin tampak seperti proses yang agak mistis. Namun, banyak orang yang bertanya-tanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memastikan wanita hamil setelah berhubungan intim? Apakah tanda-tandanya bisa diketahui dalam 1 hari?

Dikutip dari laman Planned Parenthood, terjadinya kehamilan memerlukan proses. Dibutuhkan waktu hingga enam hari setelah berhubungan intim bagi sperma dan sel telur untuk bergabung dan membentuk sel telur yang telah dibuahi.


Kemudian, dibutuhkan waktu tiga hingga empat hari agar sel telur yang telah dibuahi benar-benar tertanam di dalam lapisan rahim. Kehamilan dimulai selama implantasi, saat hormon yang dibutuhkan untuk mendukung kehamilan.

Senada dengan itu, dokter obgyn di North Shore University Hospital, Anita Sadaty, MD, menjelaskan bahwa kehamilan tidak akan langsung terjadi setelah berhubungan seks. Ini memerlukan waktu dan tidak akan muncul sampai implantasi terjadi.

"Butuh waktu bagi telur yang telah dibuahi untuk melakukan perjalanan dari saluran tuba dan menemukan area pendaratan lunak di dalam rahim," kata Sadaty seperti yang dikutip dari Very Well Family.

Wanita seringkali sangat sensitif terhadap apa yang terjadi dengan tubuhnya saat mereka mengalami gejala kehamilan. Tanda dan gejala awal kehamilan mencakup pendarahan implantasi atau kram, yang dapat terjadi setelah sperma membuahi sel telur atau ovum.

Shot of a woman looking worried while holding a pregnancy test with her partner lying in the backgroundTanda tanda hamil/ Foto: iStock

Mengutip Medical News Today, pergerakan sel telur ini dapat merusak pembuluh darah di dalam dinding rahim, yang dapat menyebabkan pendarahan ringan dan kram yang dijabarkan sebagai berikut:

Pendarahan implantasi

Pendarahan implantasi merupakan tanda awal kehamilan. Ini tidak seperti masa menstruasi. Sebaliknya, itu adalah pendarahan ringan yang mungkin melibatkan satu titik darah atau sedikit cairan merah muda. Bercak bisa berlangsung selama beberapa jam, atau mungkin berlangsung selama beberapa hari.

Kram

Wanita juga mungkin merasakan kram ringan saat embrio menempel di dinding rahim. Wanita mungkin merasakan kram ini di perut, panggul, atau area punggung bawah.

Kram mungkin terasa seperti sensasi menarik, kesemutan, atau menusuk. Beberapa wanita hanya mengalami sedikit kram ringan, sementara yang lain mungkin merasakan ketidaknyamanan sesekali yang datang dan pergi selama beberapa hari.

Selain itu, terdapat juga beberapa gejala lain yang akan muncul, Bunda. Mengutip Very Well Family dan Mayo Clinic, gejala tersebut, di antaranya:

Kembung

Perubahan hormon selama kehamilan awal bisa menyebabkan Bunda merasa kembung. Rasa kembung ini sama seperti yang Bunda alami saat pertama mengalami periode menstruasi.

Perubahan suasana hati

Meningkatnya jumlah hormon dalam tubuh pada awal kehamilan bisa membuat Bunda menjadi sangat emosional atau sedih. Perubahan suasana hati ini umum kok Bun dialami saat hamil muda.

Sakit kepala

Sakit kepala atau pusing merupakan tanda awal kehamilan. Ini terjadi karena meningkatnya volume darah dan perubahan hormon.

Tidak nafsu makan

Saat hamil, Bunda mungkin akan menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan mungkin akan terjadi perubahan pada indera perasa Bunda. Selain itu, kurangnya nafsu makan mungkin juga terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh.

Perubahan payudara

Perubahan hormon pada awal kehamilan bisa membuat payudara Bunda menjadi lebih sensitif, nyeri, dan bengkak. Namun jika tubuh telah menyesuaikan diri dengan perubahan hormon setelah beberapa minggu, maka ketidaknyamanan ini akan berkurang.

Kelelahan

Kelelahan bisa menjadi tanda awal kehamilan lho, Bunda. Itu karena pada awal kehamilan, kadar hormon progesteron meningkat, sehingga membuat Bunda menjadi kelelahan atau mudah mengantuk.

Sembelit

Perubahan hormon saat awal kehamilan menyebabkan sistem pencernaan menjadi melambat. Hal ini membuat Bunda mengalami sembelit.

Jadi, tanda hamil tidak akan terdeteksi dalam waktu singkat Bunda. Dibutuhkan waktu seminggu untuk mengetahui gejala kehamilan. Adapun, ciri hamil yang mudah dikenali, adalah flek darah yang keluar dari vagina dan kram perut ringan, layaknya sakit perut pada awal menstruasi.

Hidung tersumbat

Meningkatnya hormon dan produksi darah di awal kehamilan dapat menyebabkan selaput lendir di hidung menjadi membengkak, kering, dan mudah berdarah. Hal ini bisa menyebabkan hidung Bunda menjadi tersumbat atau meler.

Simak juga Bunda, 14 ciri-ciri hamil yang tidak disadari pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi