sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Ibu Hamil Saat Alami Pregnancy Brain

Asri Ediyati Selasa, 29 Sep 2020 07:14 WIB
Ilustrasi hamil sakit kepala atau stres caption
Jakarta -

Salah satu hal unik yang dirasakan ibu sepanjang kehamilannya adalah pregnancy brain. Kondisi ini seringkali membuat daya ingat ibu hamil menurun dan menjadi pelupa.

Sebuah laporan dalam Journal of Clinical and Experimental Neuropsychology meninjau penelitian tentang fenomena tersebut dan mencatat bahwa sekitar 80 persen wanita hamil mengalami gangguan memori. Tetapi penelitian belum memberikan hasil yang konsisten.

Apa penyebab pregnancy brain? Hormon mungkin juga salah satu faktor penyebabnya nih, Bunda. Selama kehamilan, kadar progesteron dan estrogen meningkat, dan keduanya terkait dengan daya ingat. Pada level yang tinggi, kedua hormon dapat berdampak negatif pada kemampuan mengingat informasi.


"Namun, hormon ini juga menyebabkan pertumbuhan sirkuit otak baru yang membantu ibu fokus pada bayinya saat ia lahir," kata Louann Brizendine, M.D., seorang neuropsikiater dan penulis The Female Brain, dikutip dari Parents.

Bagaimana cara meningkatkan daya ingat ibu hamil saat mengalami pregnancy brain? Berikut lima caranya:

1. Simpan barang yang sering digunakan di tempat khusus

Barang-barang kecil sering tercecer. Jangankan ibu hamil, orang yang tidak hamil saja bisa lupa menaruh barangnya jika tercecer. Untuk itu, simpan barang yang sering Bunda gunakan.

Seperti kunci rumah, kunci motor atau mobil, atau peniti, kelompokan barang-barang penting tadi agar Bunda mudah mengambilnya. Dengan demikian daya ingat atau fokus Bunda hanya pada satu tempat (kontainer) yang digunakan untuk penyimpanan.

2. Set alarm dan notifikasi di ponsel

Mengutip Baby Center, jika Bunda masih bekerja, jadwalkan pengingat rapat atau tugas penting di ponsel. Alarm dan notifikasi memudahkan Bunda untuk tahu jadwal sehingga tidak lagi terlewat.

Bunda bisa juga gunakan aplikasi catatan di ponsel. Lacak catatan penting dan atur pengingat dengan mengetik, menulis, mengambil foto, memotong halaman web, atau merekam suara di ponsel. Opsi aplikasi yang bagus antara lain Simplenote, Google Keep, Evernote, dan OneNote.

3. Menulis di buku catatan

Selain ponsel, Bunda bisa menggunakan buku catatan. Tulis semua hal penting yang sekiranya butuh diingat di buku catatan kecil. Biasanya dengan kegiatan menulis, daya ingat Bunda jauh lebih baik dibandingkan mengetik.

"Saat kita menulis dengan tangan, kita harus mengoordinasikan sistem gerakan verbal dan halus," kata Dr Helen Macpherson dari Institut Aktivitas Fisik dan Nutrisi (IPAN) di Universitas Deakin kepada The Huffington Post Australia.

4. Cukup tidur

Ibu hamil membutuhkan tidur yang cukup untuk penambahan energi dan juga pertumbuhan bayi yang optimal. Serta untuk membantu menyegarkan ingatan setiap hari.

Selain itu, cukup tidur juga membuat Bunda bisa membuat kondisi tubuh lebih sehat karena telah beristirahat. Jika sudah beristirahat, kemampuan daya ingat akan bekerja optimal.

5. Olahraga

Berolahraga secara teratur tidak hanya membuat Bunda tetap sehat selama kehamilan, tetapi juga dapat mempertajam daya ingatan dan membantu Bunda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Jika Bunda ingin berolahraga, pastikan dan konsultasikan dahulu pada dokter kandungan. Ini karena beberapa kondisi dapat membuat ibu hamil disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang berat.

Semoga lima cara di atas dapat mengurangi gejala pregnancy brain ya, sehingga ibu hamil tidak cepat lupa.

Simak juga cara hitung usia kehamilan dari dokter:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi