sign up SIGN UP search


kehamilan

Ciri-Ciri Hamil Dilihat dari Bentuk Perut Berdasarkan Postur Tubuh

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 03 Oct 2020 08:40 WIB
Smiling lovely caption

Jakarta - Ciri-ciri kehamilan bisa ditandai dari berbagai hal. Perubahan bentuk perut menjadi salah satu tanda kehamilan yang paling umum terlihat. Namun, kalau masih hamil beberapa minggu, bagaimana cara melihat perubahan bentuk perut ya, Bunda?

Biasanya, bentuk perut ibu hamil memang berubah, terlihat sedikit membuncit walaupun tidak semua ibu hamil merasakannya. Tetapi, secara umum, perut akan semakin menonjol, tinggi, dan kencang seiring usia kehamilan yang semakin besar.

Meski demikian, semua tampilan bentuk perut orang yang hamil tidaklah selalu terlihat jelas. Apalagi, bentuk perut setiap wanita berbeda-beda. Misalnya saja, wanita dengan otot yang kencang mungkin perutnya tidak akan terlalu menonjol sebanyak wanita dengan ototnya yang kendur, terutama yang sudah memiliki satu atau dua anak.


Untuk itu, siapapun tak dapat menilai seseorang hamil dari perutnya. Karena, sebagian besar bentuk perut, struktur tulang, dan tonus otot dari masing-masing wanita memiliki perbedaan, seperti dikutip dari laman Whattoexpect.

Melansir The Bump, pada umumnya kehamilan ditandai dengan pertumbuhan rahim yang menonjol ke atas. , otot 'six pack' Bunda akan meregang dan membelah. Sehingga, perut tidak akan terlalu terlihat menonjol dan justru terlihat hampir lancip.

"Perut yang hamil akan agak melorot, yang bagi orang awam mungkin terlihat seperti "rendah lemak," ujar Kecia Gaither, MD, MPH, dokter yang bersertifikat di bidang obgyn di New York.

Oh ya, Bunda, menyoal ciri-ciri hamil dilihat dari bentuk perut, beberapa perut Bunda memang ada yang berkembang lebih tinggi dan kadang lebih rendah sehingga terlihat tidak hamil, seperti dikutip dari laman Hellomotherhood.

Perbedaan ini terjadi karena tingi badan sebelum hamil, berat badan sebelum hamil, dan tipe tubuh seseorang dapat mempengaruhi perubahan perut saat hamil. Pada Bunda yang fisiknya mungil, bisa menyebabkan perutnya tidak terlalu terlihat ketika di awal-awal kehamilan. Tetapi, ada juga Bunda yang secara fisik lebih besar sebelum hamil yang akan membuat bentuk perutnya terlihat sudah sedikit menonjol di awal kehamilan.

Terlepas dari bentuk perut yang menonjol atau tidak di awal kehamilan, Bunda tak perlu khawatir, ya. Karena seiring perkembangannya, perut Bunda akan semakin membesar dimana menandakan pertumbuhan janin di perut berkembang sebagai sinyal kehamilan berjalan dengan baik. 

Nah, semoga membantu ulasannya ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk ciri hamil yang jarang disadari dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi