sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Manfaat Menyantap Buah Naga saat Hamil, Bantu Perkembangan Otak Janin juga Lho

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 11 Aug 2022 17:35 WIB
Pitaya cut in half on black background caption
Jakarta -

Buah naga atau pitaya adalah buah tropis berwarna-warni yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, Bunda. Ia mengandung beberapa nutrisi, seperti protein dan serat, dan rasanya menyegarkan dan manis.

Kabar menyenangkannya, Bunda boleh mengonsumsi buah naga saat hamil lho. Buah naga mengandung gula, karbohidrat, kalsium, serat makanan, dan natrium, dan diyakini sehat untuk Bunda hamil nih.

Namun melansir Momjunction, bila Bunda memilikinya dalam jumlah terbatas, dapat dikatakan Bunda masih cukup aman. Jadi jangan sampai menimbun atau konsumsi berlebihan ya. 
 
Satu buah naga berukuran rata-rata beratnya 350 hingga 400 gram ya. Idealnya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 200 gram buah dalam sehari.


Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), buah naga mengandung kolesterol dan bebas lemak. Satu porsi 100 gram buah naga dapat memberikan nutrisi berikut yang dapat membantu kebutuhan kehamilan Bunda.

Tidak ada efek samping utama dari makan buah naga pada kehamilan. Tetapi jika Bunda mengalami reaksi alergi seperti gatal, bersin, ruam, atau sensasi terbakar di mulut, yang terbaik adalah berhenti memakannya.

Bahkan jika tidak alergi terhadap buah naga, Bunda harus memakannya dalam jumlah sedang, karena apa pun yang berlebihan selama kehamilan dapat menyebabkan hasil yang tidak baik.

Lantas apa saja sih manfaat buah naga untuk kehamilan Bunda? Yuk kita lanjutkan ya. 

Pitaya cut in half on black backgroundManfaat Menakjubkan Buah Naga untuk Ibu Hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ansonmiao

Manfaat buah naga untuk kehamilan

Berdasar ulasan Parenting First Cry, terdapat 9 manfaat konsumsi buah naga untuk kehamilan sebagai berikut: 

1. Sumber lemak yang kaya

Keberadaan lemak baik dalam tubuh ibu hamil merupakan hal yang tak terpisahkan karena tidak hanya memberikan energi untuk menjaga berbagai proses metabolisme tetap berjalan tetapi juga bekerja dalam mendorong pembentukan otak pada janin. Buah naga mengandung proporsi lemak yang baik, yang sebagian besar tak jenuh tunggal. Ini sangat menguntungkan bagi Bunda yang sedang berdiet ya. 

2. Karbohidrat sumber energi

Selain kaya akan lemak, buah naga juga memiliki banyak karbohidrat di dalamnya. Ini menjadi sumber energi yang mudah diakses dan dapat langsung ditransfer ke janin.

3. Mencegah infeksi

Terinfeksi oleh mikroba menimbulkan risiko bagi janin karena mereka dapat menemukan jalan mereka ke bayi melalui plasenta. Buah naga memberikan manfaat melakukan regenerasi sel dalam pengobatan luka yang mencegah infeksi dan memasok tubuh anti jamur dan anti bakteri untuk mengatasi mikroba yang sudah ada.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang resep puding lava buah naga.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MEREDAKAN SEMBELIT DAN MENJAGA KESEHATAN SEL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!