sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Teh Lebih Baik dari Kopi untuk Ibu Hamil? Simak Penjelasannya

Asri Ediyati Minggu, 11 Oct 2020 18:02 WIB
High angle view of a young pregnant woman drinking a cup of coffee at home caption
Jakarta -

Umumnya, ibu hamil tahu kalau kopi sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi karena tinggi kafein. Di sisi lain, mungkin ada yang bertanya, apakah minum teh lebih baik dari kopi selama hamil?

Ternyata, ini bukan tentang apa yang Bunda minum, dan lebih banyak tentang jumlah kafein yang Bunda konsumsi per hari.

"Meskipun teh umumnya mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi, tetap penting untuk memastikan bahwa Anda membatasi jumlah yang Anda konsumsi setiap hari," Dr. Angela Jones, M.D., FACOG kepada Romper.


"American College of Obstetrics and Gynecology merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 200 miligram kafein setiap hari. Sangat mudah untuk minum lebih banyak teh dengan berpikir bahwa itu lebih aman daripada kopi karena umumnya mengandung lebih sedikit kafein, tapi ingat, itu bertambah," kata Jones.

Soal takaran 200 miligram kafein, ini setara dengan secangkir kopi per hari. Namun perlu diingat, jumlah kafein dapat sangat bervariasi berdasarkan campuran.

Sementara itu, bila Bunda sering minum teh, lihat lagi jenisnya. Dr. Lucky Sekhon, spesialis kesuburan dan OB / GYN bersertifikat di New York City mengatakan bahwa teh hitam cenderung menjadi yang paling berkafein dari semua teh, dan teh hijau, atau teh herbal cenderung memiliki paling sedikit, atau tanpa kafein sama sekali.

Meski herbal, Jones menyarankan untuk selalu konsultasikan ke dokter kandungan. "Karena beberapa mengandung komponen yang dapat memiliki efek buruk pada kehamilan, termasuk adas, borage, licorice, dan motherwort," kata Jones.

Nah, yang perlu dicatat lagi adalah faktanya, dilansir Medical News Today bahwa teh dan kopi adalah dua minuman yang perlu dihindari untuk ibu hamil yang mengalami anemia atau kekurangan zat besi. Teh dan kopi bisa menghalangi penyerapan zat besi dalam tubuh.

Simak juga penyebab ibu hamil mengalami kaki dan tangan bengkak:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi