sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Bantu Lancarkan Persalinan

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 27 Sep 2020 11:14 WIB
Pregnant woman with husband walking on meadow caption
Jakarta -

Berjalan kaki mungkin hanya dianggap sebagai aktivitas harian yang sederhana. Tapi, tahukah Bunda, berjalan kaki ternyata membawa banyak manfaat untuk ibu hamil.

Melansir Acefitness, kehamilan memang menyebabkan banyak perubahan pada tubuh Bunda. Termasuk penambahan berat badan dan pergeseran hormon yang dapat mempengaruhi energi, mood, dan nafsu makan. Tetapi, kabar baiknya Bunda bisa mengurangi ketidaknyamanan tersebut dengan berjalan kaki.

"Jalan kaki merupakan cara terbaik untuk menjaga sirkulasi yang sehat dan membangun stamina dan kekuatan saat bayi bertumbuh dan Bunda memiliki lebih banyak beban untuk ditopang," ujar April Mellito, seorang bidan di Bozeman.


Bahkan, jika Bunda sebelumnya tidak aktif, direkomendasikan agar memulai program olahraga untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Perlu Bunda tahu, penambahan berat badan Bunda menjadi bagian alami dari kehamilan. Saat tubuh Bunda semakin berat, otot-otot menguat untuk membawa beban ekstra. Ini menyebabkan otot akan menguat secara alami tanpa mengangkat beban. Namun, otot-otot kaki semakin kuat jika dikaitkan dengan seberapa banyak aktivitas fisik seperti berjalan kaki Bunda lakukan.

Seperti diketahui bahwa jalan kaki sangat ideal untuk membantu Bunda dan bayi. Bunda pun tidak perlu ragu melakukannya selama kehamilan trimester dua dan tiga. Berikut ini beberapa manfaatnya, seperti dikutip dari laman Parents:

1. Membuat jantung kuat dan otot kencang
2. Berjalan kaki dapat membantu Bunda melewatkan persalinan yang lebih singkat dan mudah.
3. Selain itu, berjalan kaki juga membakar kalori yang membantu mencegah penambahan berat badan berlebih.
4. Berjalan kaki diketahui dapat membuat tubuh bugar dan melindungi dari risiko diabetes gestasional dan preeklampsia.
5. Berjalan kaki dapat membantu Bunda meredakan sembelit yang biasanya hadir selama kehamilan.

Nah, jadi makin semangat berjalan kaki selama kehamilan kan, Bunda. Semoga membantu ya, Bunda.

Simak juga manfaat ibu hamil rajin mengepel lantai, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi