sign up SIGN UP search


kehamilan

Kelebihan USG 4 Dimensi, Dapat Mendiagnosis Kondisi Jantung Janin

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 17 Oct 2020 18:12 WIB
Pregnant woman looking at ultrasound image of her baby at doctor's office. caption

Jakarta - Bagi ibu hamil, pemeriksaan janin melalui USG menjadi hal yang dinanti-nanti. Apalagi, Bunda yang memilih USG 4 dimensi, biasanya akan lebih puas karena dapat melihat lebih jelas perkembangan janin di rahim Bunda.

Berbicara mengenai USG 4 dimensi, sebenarnya USG ini mirip dengan USG 3 dimensi. Hanya saja, USG 4 dimensi dapat menunjukkan gerakan sehingga Bunda dapat melihat bayi Bunda menendang atau membuka dan menutup matanya.

Dengan begitu, tak heran jika banyak orangtua lebih memilih USG 4 dimensi yang tampak seperti solusi sempurna untuk mengintip keberadaan si kecil.


Perlu Bunda tahu, pada gambar USG 3 dimensi biasanya digunakan untuk menampilkan gambar eksternal tiga dimensi yang mungkin berguna untuk mendiagnosis masalah seperti bibir sumbing. Sementara pada USG 4 dimensi akan menghasilkan gambar yang terus diperbaharui, seperti gambar bergerak.

Tentu saja, masing-masing dari USG memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam USG 2 dimensi, kelainan seperti bibir sumbing sulit dilihat. Tetapi, melalui USG 3 dimensi dan 4 dimensi kelainan tersebut dapat terlihat, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Banyak keluarga lebih menyukai gambar 3 dimensi, karena mereka lebih terlihat seperti apa yang mereka anggap bayi dalam kehidupan nyata. Namun, USG 4 dimensi jauh memiliki kelebihan karena memungkinkan untuk menambahkan video streaming langsung dari gambar, menunjukkan gerakan dinding atau katup jantung janin, atau aliran darah di berbagai pembuluh.

"USG 4 dimensi memiliki keunggulan yang sama dengan 3 dimensi, sekaligus memungkinkan kita mempelajari gerakan berbagai organ tubuh yang bergerak," ujar Dr Liji Thomas, MD, seorang medical doctor dengan spesialisasi di obstetri, seperti dikutip dari laman Newsmedical.

Selain itu, ada juga sederet keuntungan menggunakan USG 4 dimensi diantaranya waktu yang lebih singkat untuk pemeriksaan dan diagnosis jantung janin, adanya ikatan orangtua yang lebih baik dengan bayi, perilaku yang lebih sehat selama kehamilan karena melihat bayi secara real time, serta lebih banyak dukungan oleh pasangan setelah memvisualisasikan bentuk dan gerakan bayi.

Nah, kurang lebih itulah beberapa kelebihan USG 4 dimensi ya, Bunda. Semoga infonya membantu ya, Bunda!

Bunda, intip juga yuk keseruan Zaskia Adya Mecca lakukan USG dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi