sign up SIGN UP search


kehamilan

Redakan Morning Sickness Saat Hamil Muda dengan Pijatan Akupresur

Asri Ediyati Sabtu, 10 Oct 2020 08:00 WIB
Beautiful young adult woman receiving professional acupuncture and massage treatment. caption
Jakarta -

Mual dan muntah saat hamil menjadi gangguan yang banyak dikeluhkan ibu hamil. Kondisi yang biasa kita kenal dengan morning sickness ini setidaknya, mempengaruhi 50-90 persen ibu hamil di trimester satu, Bunda.

Mengutip SOGC Clinical Practice Guideline The Management of Nausea and Vomiting, meskipun mual dan muntah saat hamil dapat diklasifikasikan sebagai ringan, sedang, atau berat, tidak cukup mencerminkan kondisi yang ditimbulkan.

"Dampak mual muntah selama kehamilan, secara fisik dan emosional sering kali menimbulkan perasaan cemas dan khawatir tentang efek gejala pada janin. Ini juga berdampak negatif pada hubungan keluarga dan memiliki konsekuensi besar pada pekerjaan wanita," tulis Marc-Yvon Arsenault, MD, MSc, FRCSC, Montreal QC dan rekannya yang menyusun pedoman tersebut.


Ada berbagai cara untuk mengatasi atau meredakan morning sickness pada ibu hamil muda, salah satunya yang dibahas kali ini adalah akupresur. Bicara soal akupresur, pengobatan ini telah dipraktikan selama ribuan tahun oleh ahli akupunktur di China lho, Bunda.

Untuk meredakan mual dan muntah dari berbagai penyebab termasuk morning sickness, Bunda bisa melakukan pijatan akupresur dengan menstimulasi titik P6 (Nei Guan), yang terletak tiga jari lebar proksimal dari pergelangan tangan.

Dikutip dalam banyak penelitian bahwa stimulasi Nei Guan (P6), dapat mengurangi mual dan muntah selama kehamilan. Pijatan akupresur juga membantu mencegah mual dan muntah pasca operasi.

The Journal of Autonomic Neuroscience juga menerbitkan sebuah artikel yang menunjukkan P6 dan Zu San Li (ST36) memiliki kombinasi, efek sinergis pada motilitas gastrointestinal. Dalam penelitian lain, Nei Guan juga telah terbukti membantu meringankan cegukan.

Bagaimana mempraktikan pijatan akupresur stimulasi Nei Guan? Berikut caranya:

1. Posisikan tangan sehingga jari-jari mengarah ke atas dan telapak tangan menghadap Bunda.

2. Untuk menemukan titik tekan P6, letakkan 3 jari pertama dari tangan yang berlawanan di pergelangan tangan. Kemudian, letakkan ibu jari Bunda di bagian dalam pergelangan tangan tepat di bawah jari telunjuk. Bunda seharusnya bisa merasakan 2 tendon besar (jaringan yang menghubungkan otot ke tulang) di bawah ibu jari. Itu adalah titik tekan P6.

3. Gunakan ibu jari atau telunjuk untuk menekan titik ini selama 2 hingga 3 menit. Gerakkan ibu jari membentuk lingkaran sambil menekan. Agak ditekan, tetapi jangan menekan terlalu keras hingga menyakitkan.

4. Ulangi proses ini di pergelangan tangan yang lain.

Semoga pijatan akrupresur ini bisa meredakan morning sickness selama kehamilan Bunda ya. Punya cara lain yang lebih ampuh untuk meredakan mual dan muntah di awal kehamilan? Share yuk di kolom komentar!

Simak juga ciri-ciri hamil yang jarang disadari:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi