sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Ide Ucapan Selamat Melahirkan Jadi Lebih Berkesan

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 19 Nov 2020 18:14 WIB
Newborn baby with her young parents caption

Jakarta - Memberi ucapan selamat melahirkan pada teman dan saudara merupakan hal yang umum dilakukan. Ucapan melahirkan menjadi salah satu support pada ibu baru yang sedang bersuka cita sekaligus kelelahan atas kelahiran bayinya.

Ya, Bunda, tak bisa dipungkiri kalau proses melahirkan menjadi pengalaman yang sangat berbeda untuk Bunda. Tak terkecuali bagi Ayah yang harus menyesuaikan kehidupan barunya setelah hadir si kecil di tengah-tengah keluarga.

Pada momen-momen ini, kebahagiaan pun kian lengkap dengan sederet ucapan selamat atas kelahiran yang datang dari berbagai pihak. Hal ini tentu saja menambah deretan kebahagiaan karena banyaknya dukungan yang mengalir dari kerabat, teman, rekan-rekan, dan lainnya.


Menurut Cindy Post Senning, co-director di Emily Post Institute, waktu yang tepat untuk mengirim ucapan selamat atas kelahiran ialah saat orang tersebut sesegera setelah bayi lahir dan sang ibu sudah kembali ke rumah. 

Meski demikian, tidak ada batas waktu resmi untuk memberikan ucapan selamat atas kelahiran seseorang. Jadi, jangan khawatir jika beberapa bulan telah berlalu pun, Bunda dapat tetap mengirimkan ucapan selamat atas kelahiran pada orang tersebut, seperti dikutip dari laman Parents.

"Jika Bunda tidak dapat memberikan ucapan langsung, Bunda dapat memanfaatkan ucapan selamat atas kelahiran melalui pesan elektronik, layanan media di ponsel, email, atau media lainnya yang memudahkan,"ujarnya.

Membahas ucapan selamat atas kelahiran bayi, meskipun terdengar sepele memang tidaklah mudah untuk mengatakannya ya, Bunda. Seringkali yang terjadi, Bunda malah kehilangan kata-kata saat akan menuliskan kalimat pada kartu ucapan ataupun saat hendak mengirim pesan ucapan selamat atas kelahiran teman atau saudara.

Melansir Holidappy, saat hendak menuliskan ucapan selamat atas kelahiran sebaiknya Bunda memberikan kata-kata yang berkesan. Bunda perlu mengarahkan setidaknya sebagian dari pesan yang ditulis kepada bayi dengan kalimat-kalimat yang lucu.

Hindari juga kata-kata klise dan lelucon yang tidak diperlukan. Akan lebih menyenangkan tentunya mengatakan sesuatu yang positif tentang bayi karena dapat menjadi suntikan energi bagi orangtua yang bersangkutan.

Pastikan juga Bunda memberikan nasihat yang tulus dengan menggunakan pesan pada kartu dengan kata-kata yang bermakna. Apalagi, memiliki bayi merupakan peristiwa besar dan mengubah hidup. Inilah saatnya menuliskan kartu dengan kata-kata bijaksana untuk memberikan support betapa bahagianya Bunda untuk mereka di tahap kehidupan baru mereka.

Mengenai ucapan selamat atas kelahiran, Bunda dapat menuliskannya dengan kalimat bijak sehingga memberikan kesan tersendiri bagi yang membacanya. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa dijadikan referensi:

1. Selamat atas kehadiran si kecil, selamat memulai hidup baru sebagai ibu yang hebat. Pingin melihat si kecil secepatnya, semoga segera bisa datang menjenguk ya.

2. Enggak sabar pingin jenguk si kecil, semoga sehat semua ya baby dan Bundanya. Semoga cepat pulih dan segera pulang ke rumah berkumpul dengan kehangatan keluarga.

3. Selamat atas kelahiran si jagoan kecil. Semoga Allah memberikan keberkahan pada kalian sekeluarga seiring dengan pertumbuhan malaikat kecil di tengah-tengah kalian. 

4. Selamat merayakan kebahagiaan sebagai orang tua baru. Semoga kamu dan suami diberi kesabaran dalam memikul peran sebagai orangtua baru. Semoga cepat pulih ya Bundanya dan sehat terus untuk putri cantikmu.

5. Selamat atas kelahiran si kecil, semoga bidadari kecil membawa perubahan yang lebih positif pada kalian sebagai orangtua baru. Nikmati dan terus belajar.

6. Selamat! Semoga si kecil tumbuh sehat dan jadi anak yang membanggakan orang tuanya. Rasanya sudah enggak sabar untuk bertemu si kecil yang menggemaskan secepatnya.

7. Tidak ada yang bisa mempersiapkan seseorang sepenuhnya untuk menjadi orang tua. Tetapi, kamu akan mempelajari semua yang perlu diketahui pada waktu yang tepat. Selamat atas kelahiran si kecil!

8. "Kamu akan menjadi ibu yang luar biasa!" Jadikan lelahmu mengurus si kecil sebagai ladang untuk belajar menjadi orang tua yang baik. Selamat atas kelahiran si kecil.

9. Semua yang terbaik untuk kamu sekeluarga dan tentunya si kecil. Semoga hadiah ini dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Semoga si kecil tumbuh sehat dan Bunda cepat pulih agar segera pulang ke rumah.

10. "Selamat datang di dunia malaikat kecil! Senang sekali kamu di sini!" Semoga sehat semuanya ya!

Nah, itulah beberapa referensi ucapan selamat atas kelahiran yang bisa digunakan ya, Bunda. Semoga membantu!

Bunda, simak juga yuk inspirasi kado bayi baru lahir dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi