sign up SIGN UP search


kehamilan

Viral di TikTok, Wajarkah Buang Air Besar Saat Persalinan?

Hilda Irach Selasa, 15 Dec 2020 09:08 WIB
Wajarkah Buang Air Besar Saat Persalinan?
Ilustrasi hamil atau melahirkan caption

Dr. Greves membenarkan pernyataan bidan tersebut. Menurutnya, jika Bunda buang air besar,  justru menunjukkan bahwa Bunda menggunakan otot untuk melahirkan dengan benar. Walaupun demikian, tim medis mengerti alasan kekhawatiran para perempuan yang takut akan bau dan tentang apa yang dipikirkan anggota keluarga atau pasangan.

Tetapi, jika ditahan justru akan menghambat proses persalinan lho. Kekuatan mengejan akan berkurang sehingga bayi tidak akan keluar. "Tolong gunakan otot-otot itu, jadi aku tahu kamu bisa mengeluarkan bayi itu dengan selamat!" Kata Dr Greves.

Bunda tidak perlu cemas meskipun kotoran benar-benar keluar, tim medis akan menanganinya berdasarkan prosedur kesehatan. Bahkan mereka akan membersihkannya sebelum Bunda menyadarinya.


Kejadian buang air besar selama proses persalinan merupakan hal normal dan wajar terjadi pada perempuan. Sebab menandakan tubuh Bunda melakukan pekerjaannya dengan baik. Oleh sebab itu, buang pikiran negatif mengenai persoalan ini ya, Bunda. Yang terpenting berdoa agar si Bayi dan Bunda bisa menjalani proses persalinan dengan lancar.

 

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi