sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Pemberian Progesteron Bisa Kurangi Risiko Keguguran?

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 03 Jan 2021 10:08 WIB
Benarkah pemberian hormon progesteron bisa kurangi risiko keguguran?
Ibu hamil caption

Pemberian hormon progesteron bisa selamatkan janin dari keguguran?

Para peneliti menemukan bahwa ada peningkatan 4 persen dalam jumlah bayi yang lahir dari wanita dalam penelitian yang diberi progesteron dan sebelumnya mengalami satu atau dua kali keguguran dibandingkan dengan mereka yang diberi plasebo. 

Manfaatnya, bahkan lebih besar bagi wanita yang mengalami keguguran berulang sebelumnya, yaitu tiga atau lebih keguguran, dengan peningkatan 15 persen dalam angka kelahiran hidup pada kelompok progesteron dibandingkan dengan kelompok plasebo.

"Peran progesteron pada wanita dengan perdarahan awal kehamilan telah dipelajari dan diperdebatkan selama sekira 60 tahun. Namun, apa yang sebelumnya kurang kami miliki adalah bukti berkualitas tinggi. Studi terbesar sebelum uji coba PRISM memiliki kurang dari 200 peserta. Sedangkan penelitian kami memiliki lebih dari 4.000 peserta dan memiliki kualitas yang sangat tinggi di mana kami dapat yakin dengan temuan kami,"ujar Arri Coomarasamy, Professor of Gynaecology di University of Birmingham dan Director of Tommy National Centre for Miscarriage Research.


Arri menambahkan, dari temuan tersebut, wanita yang berisiko keguguran karena perdarahan kehamilan saat ini dan riwayat keguguran sebelumnya bisa memperoleh manfaat dari pengobatan progesteron, di mana memiliki implikasi yang sangat besar pada praktiknya. Perawatan ini juga dapat menyelamatkan ribuan bayi yang mungkin telah meninggal dunia atau keguguran.

Dirinya pun berharap bukti tersebut akan dipertimbangkan oleh National Institute for Health and Care Excellence (NICE) dan digunakan untuk memperbaharui pedoman bagi wanita yang berisiko keguguran.

Apalagi, hasil penelitian ini sangat penting bagi orangtua yang pernah mengalami keguguran dan mereka saat ini memiliki pilihan pengobatan yang kuat dan efektif untuk menyelamatkan banyak nyawa. 

Tentunya, ini memberikan banyak orangtua keyakinan bahwa penelitian lebih lanjut akan menghasilkan lebih banyak perawatan di mana akhirnya dapat membuat lebih banyak keguguran dapat dicegah.

Nah, semoga informasinya membantu ya, Bunda.

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi