sign up SIGN UP search


kehamilan

Ciri-Ciri Perut Hamil dan Perut Buncit, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 04 Jan 2021 07:03 WIB
Ciri-Ciri Perut Hamil dan Perut Buncit
Ibu Hamil Minum Air Putih caption

Ciri-Ciri Perut Hamil dan Perut Buncit

Pada tubuh Bunda yang lebih pendek, biasanya perut akan tampak lebih besar dan menonjol daripada ibu hamil yang lebih tinggi tubuhnya. Ini dikarenakan berkaitan dengan panjang tubuh masing-masing.

Bentuk tubuh pendek akan memberi lebih sedikit ruang bagi rahim untuk tumbuh ke atas, di antara panggul dan tulang rusuk. Akibatnya, bayi tumbuh dan perut yang menonjol akan tampak membesar ke luar.

Dalam batang tubuh yang lebih panjang, rahim tetap sempit sehingga menciptakan perut yang menonjol lebih kecil. Sementara, Bunda yang memiliki fisik lebih tinggi akan menopang bayi lebih ke depan, sedangkan Bunda bertubuh pendek akan membawa beban di sekitar pinggul dan bokong.


Perlu Bunda tahu juga, penelitian menunjukkan bahwa pada bayi pertama, penonjolan perut akan jauh lebih kecil daripada kehamilan kedua dan ketiga. Alasannya, hormon kehamilan dan otot perut memengaruhi. 

Salah satu hal pertama yang terjadi saat kehamilan ialah peningkatan hormon progesteron. Hal ini bisa menyebabkan kembung dan bisa membuat perut membengkak sebelum rahim sempat membesar. Kondisi ini juga cenderung terjadi lebih cepat pada kehamilan pertama.

Akibat lain dari rahim yang membesar adalah otot perut dan ligamen meregang. Meskipun mengerut setelah lahir, nantinya akan selalu kendur, sehingga lebih elastis pada kehamilan berikutnya. Itulah yang menyebabkan perut di awal kehamilan tak terlalu menonjol seperti pada kehamilan kedua dan seterusnya.

Sementara itu, ciri perut buncit dan tidak menandakan kehamilan tentunya Bunda tak akan merasakan gejala awal kehamilan, seperti telah dibahas sebelumnya.

Perut buncit ini biasanya merujuk pada pembengkakan pada bagian perut dan bukan pada perut itu sendiri. Sejumlah penyakit dan kondisi berbeda bisa menyebabkan perut kembung dan membuatnya tampak buncit. Demikian penjelasan seperti dikutip dari laman Medicinenet.

Kondisi tersebut biasanya dikaitkan dengan pencernaan seperti malabsorpsi atau intoleransi laktosa, gangguan fungsi usus seperti irritable bowel syndrome (IBS) atau sembelit. 

Sehingga, biasanya perut buncit memang tampak membesar tapi tidak ada indikasi kehamilan. Perut tersebut tampak kembung dimana merujuk pada kondisi perut yang membengkak. 

Nah, meskipun sama-sama tampak membesar, tentu saja kondisi perut hamil dan perut buncit merupakan dua hal yang berbeda ya, Bunda. Untuk menandainya, Bunda dapat mendapati sinyal-sinyal awal yang diberikan.

Pada perut membesar karena kehamilan, biasanya akan diikuti gejala awal kehamilan seperti mual, tubuh mudah lelah, haid yang terlewat, dan berbagai tanda awal kehamilan lainnya. Sementara pada perut buncit, tentu saja kondisi tersebut tak dialami. 

Itulah beberapa tanda-tanda yang dapat Bunda perhatikan ya untuk membedakan ciri perut hamil dan perut buncit. Semoga membantu informasinya ya, Bunda.

(muf/muf)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi