sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Hamil untuk Ibu dengan Riwayat Keguguran Berulang, Suami Ikut Diobati

Senin, 01 Feb 2021 14:24 WIB
Sad lady crying lying in bed and looking at baby socks near pillow, miscarriage caption
Jakarta -

Keguguran pada ibu hamil umumnya disebabkan oleh tiga hal; infeksi, penyakit-penyakit pada ibu seperti kelainan darah, dan aktivitas yang terlalu berat. Namun, penyebab paling besar adalah infeksi dari kuman-kuman yang ada di vagina dan naik ke atas (rahim).

Kuman atau bakteri tersebut seperti Streptococcus sp atau Treponema palllidum yang menyebabkan penyakit sifilis. Jika memang ada infeksi bakteri, biasanya akan muncul keputihan.


Saat bakteri ini menyebabkan keputihan pada saat kehamilan, maka sampel dari keputihan ini harus diambil lebih dulu untuk dipastikan kedudukannya dibanding bakteri Lactobacillus yang ada di area vagina.

Kehamilan kedua bisa terjadi setelah keguguran pertama dengan syarat bahwa Bunda dan Ayah keduanya harus diobati lebih dulu. Proses pengobatan ini memakan waktu tiga bulan dengan pemberian antibiotik untuk Bunda dan Ayah.

Kenapa Ayah juga harus diobati?

Karena bakteri yang ada di vagina berasal dari persanggamaan. Maka itu pasangan wajib ikut diobati untuk mencegah keguguran berulang.

ilustrasi keguguranilustrasi keguguran/ Foto: iStock

Selama tiga bulan pengobatan, dipersilakan jika memang ingin melakukan hubungan intim. Tapi tidak boleh bersentuhan langsung antar-alat kelamin, melainkan harus menggunakan kondom lebih dulu. Setelah pengobatan selesai dan dokter menyatakan Ayah dan Bunda sudah bersih dari bakteri jahat atau patogen, program hamil bisa dilanjutkan kembali.

Lalu bagaimana jika keguguran kembali terjadi di kehamilan kedua? Simak jawabnya di HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bun!

Lihat juga video berikut mengenai cerita dr.Reisa Brotoasmoro yang ternyata pernah mengalami keguguran tanpa diketahui banyak orang

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Skandal TWOTM SulutBanner Skandal TWOTM Sulut/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Peluang Hamil Lagi Setelah Keguguran Kedua
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi