sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Batasi Lahap 7 Makanan Ini ya karena Bisa Sebabkan Risiko Keguguran

Meita Fajriana   |   Haibunda Kamis, 30 Dec 2021 18:14 WIB
Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas, Ternyata ini Alasannya caption

Jakarta - Sembilan bulan kehamilan merupakan masa yang tidak terlupakan. Perjalanan ini layaknya naik roller coaster, ada naik turunnya. Karena itu, perjalanan menjadi ibu dimulai dengan kehamilan Bunda. 

Melansir dari laman Times of India, penting bagi wanita hamil untuk memiliki pola makan yang sehat dan seimbang yang mencakup banyak buah dan sayuran. Namun, ada makanan tertentu seperti nanas, telur mentah, dan pepaya yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan lho Bunda. Makanan ini dapat menyebabkan keguguran, terutama selama trimester pertama kehamilan. 

"Kehamilan memang bisa menimbulkan rasa mual di pagi hari dan mulai mengidam makanan juga. Beberapa wanita tahu apa yang ibu hamil harus makan dan apa yang harus mereka hindari untuk kesehatan kehidupan kecil yang tumbuh di dalam diri mereka. Meskipun kami menyarankan Anda untuk berhati-hati dengan apa yang Anda konsumsi selama kehamilan," kata Sabiha Anjum dokter kandungan di India dikutip dari laman Parenting First, Senin (27/12). 


Bagi Bunda yang penasaran makanan apa saja yang dapat menyebabkan keguguran selama kehamilan, berikut penjelasannya ya Bunda, yang dilansir dari laman Parenting First

1. Nanas

Nanas mengandung bromelain yang melembutkan serviks dan memulai kontraksi persalinan sebelum waktunya. Hal ini tentunya dapat mengakibatkan keguguran. Sebenarnya, wanita hamil dapat mengonsumsi nanas dalam jumlah sedang selama tahap awal kehamilan.

Jika nanas dikonsumsi dalam jumlah banyak yaitu 7 hingga 10 buah utuh dapat menyebabkan pendarahan. Ingatlah untuk berkonsultasi dengan praktisi medis Bunda sebelum mengonsumsi buah ini. 

2. Kepiting

Meskipun kepiting merupakan sumber kalsium yang tinggi, hewan laut yang satu ini juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan penyusutan rahim dan menyebabkan pendarahan internal serta yang terburuk adalah keguguran. Karena itu, masuk akal untuk tidak memakannya selama kehamilan.

Banner Basic Skincare untuk Kulit GlowingBanner Basic Skincare untuk Kulit Glowing/ Foto: HaiBunda/Mia

3. Biji wijen

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi biji wijen dalam jumlah minimal. Biji wijen, baik itu biji wijen hitam atau putih, bila dikonsumsi bersama madu, dapat menyebabkan masalah pada awal kehamilan. Hal ini bisa saja menyebabkan keguguran Bunda. 

4. Hati hewan

Hati hewan kaya akan vitamin A. Jadi, mengonsumsinya dua kali sebulan tidak terlalu berbahaya dan tidak menyebabkan keguguran. Tetapi, jika dikonsumsi dalam jumlah besar oleh wanita hamil, ini meningkatkan akumulasi retinol secara bertahap yang dapat berdampak buruk pada kesehatan bayi lho Bunda.

Klik penjelasan lain di halaman selanjutnya ya.

Simak pula video tentang 3 sumber makanan kaya zat besi yang bagus untuk ibu hamil di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



 

MAKANAN YANG BISA MENJADI PENYEBAB KEGUGURAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!