sign up SIGN UP search

kehamilan

Manfaat Latihan Pernapasan bagi Ibu Hamil, Penting Jelang Persalinan Bun!

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 16 Feb 2021 15:54 WIB
Ilustrasi senam hamil atau kehamilan caption

Selama kehamilan, pernapasan mungkin akan sedikit lebih sesak dari biasanya dikarenakan ada bayi yang bertumbuh di rahim. Bunda pun tak perlu khawatir karena hal ini wajar terjadi selama kehamilan.

Untuk menghadapi kondisi tersebut mungkin Bunda agak sedikit beradaptasi sementara waktu. Tak jarang, di awal-awal, permasalahan ini mungkin akan membuat Bunda stres dan menjadi tegang. 

Tetapi, Bunda hanya perlu bersabar dalam menghadapi perubahan tersebut. Seiring usia kehamilan, Bunda pun akan terbiasa dengan kondisi tersebut dan dapat mengatasinya dengan baik.


Biasanya, dalam menghadapi kondisi ini, melakukan latihan pernapasan sangatlah disarankan. Perlu Bunda tahu bahwa ketika latihan pernapasan dilakukan dengan baik, hal ini dapat membantu Bunda mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi rasa sakit serta ketidaknyamanan, seperti dikutip dari laman Prenate.

Meskipun bernapas sedianya fungsi yang tidak disengaja yang dilakukan tubuh secara otomatis, tetapi sesungguhnya ada teknik tertentu yang dapat kita terapkan untuk mengontrolnya ya, Bunda.

Salah satu cara melakukannya yakni dengan menjalankan respons relaksasi. Respons relaksasi ialah teknik yang dikembangkan oleh ahli jantung Dr Herbert Benson di tahun 70-an. Teknik ini menggunakan pernapasan dalam dan lambat serta aktivitas relaksasi lainnya yang membantu membuat pikiran dan tubuh berada dalam kondisi istirahat yang mendalam.

Manfaat slow breathing sendiri di antaranya dapat membantu menurunkan detak jantung, menstabilkan tekanan darah, dan mengurangi stres mental dengan memungkinkan seseorang melepaskan diri dari pikiran yang mengganggu.

Selain bermanfaat selama kehamilan, latihan pernapasan juga sangat bermanfaat ketika menjelang persalinan. Melansir Parents, teknik pernapasan dapat membantu persalinan lebih mudah dan lebih cepat. Bunda pun dapat mempraktikkannya selama beberapa minggu sebelum persalinan. Dengan mempraktikkannya sebelum persalinan, Bunda dapat menunda atau menghilangkan kebutuhan akan obat nyeri saat melahirkan.

Klik di halaman selanjutnya ya.

Bunda, simak juga yuk manfaat senam hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner poligami
BERAPA KALI IBU HAMIL LATIHAN PERNAPASAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi