sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Latihan Pernapasan untuk Persiapan Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 22 Feb 2021 12:08 WIB
Ilustrasi senam hamil atau kehamilan Foto: Getty Images/iStockphoto/SeventyFour

Salah satu hal penting dalam persiapan melahirkan adalah latihan pernapasan. Bagi ibu yang berencana untuk melahirkan pervaginam, tentu ini merupakan hal yang amat krusial. Latihan pernapasan bisa dilakukan sedini mungkin sejak awal kehamilan lho, Bun.

Latihan pernapasan sedianya memang tak hanya bermanfaat untuk Bunda yang melahirkan pervaginam tetapi juga untuk Bunda yang melewati persalinan dengan epidural sekalipun. Dengan teknik latihan pernapasan yang baik tentunya dapat membantu Bunda mengatasi ketidaknyamanan yang dirasakan dan secara aktif melancarkan kelahiran buah hati.

Melansir Parents, salah satu teknik latihan pernapasan dan membuat Bunda rileks selama persalinan yakni dengan belajar mengisolasi berbagai kelompok otot di tubuh.


Saat proses persalinan, kondisi rahim harus berkontraksi untuk mendorong bayi ke bawah dan menarik leher rahim ke atas kepala bayi. Jika otot lain tegang selama kontraksi, Bunda pun hanya akan membuang-buang energi dan oksigen. Dengan belajar mengendurkan sisa kelompok otot, Bunda pun dapat fokus untuk membiarkan sebagian besar oksigen mengalir ke rahim.

Untuk mempelajari cara membuat tubuh rileks selama kontraksi, Bunda dapat bekerja sama dengan pasangan atau pendamping persalinan. Sangga diri di atas bantal di tempat tidur atau berbaring miring. Kemudian, dengan jari-jari kaki dapat bergerak ke atas menuju kepala. Lalu, fokuslah untuk mengendurkan setiap rangkaian otot di tubuh.

"Apa pun pengalaman melahirkan Bunda, teknik latihan pernapasan dapat membantu membuat persalinan lebih cepat dan mudah," ujar Dr Laura Riley, Maternal-Fetal Medicine Specialist di New York.

Banner Resep Telur

Agar latihan pernapasan lebih maksimal pada proses persalinan, Bunda dapat mulai berlatih sedini mungkin, atau selambat-lambatnya ketika memasuki trimester tiga kehamilan. Sehingga, pada saat Bunda melahirkan si Kecil, perasaan Bunda menjadi lebih tenang dalam mempraktikkannya dan membuat proses persalinan berjalan lancar.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak tips persiapan melahirkan lain di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

LATIHAN PERNAPASAN UNTUK PERSIAPAN MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi