sign up SIGN UP search


kehamilan

Kapan Waktu Tepat Ibu Hamil Jalani Tes Kromosom?

Annisa Karnesyia Sabtu, 27 Feb 2021 14:15 WIB
A pregnant woman has her blood pressure checked by her obstetrician at a routine prenatal appointment caption
Jakarta -

Bunda pernah dengar tes kromosom untuk ibu hamil? Tes ini dilakukan untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin di kandungan lho, Bunda.

Tes kromosom dikenal juga dengan istilah amniocentesis. Tes ini dilakukan untuk mencari tahu kemungkinan bayi lahir dengan kelainan kromosom, seperti sindrom Down.

Menurut dokter obgyn, Carolyn Kay, M.D., amniocentesis adalah prosedur di mana dokter mengeluarkan cairan ketuban dari rahim ibu. Jumlah cairan yang dikeluarkan biasanya tidak lebih dari satu ons.


"Cairan ketuban yang mengelilingi bayi di dalam rahim mengandung beberapa sel bayi dan digunakan untuk mengetahui apakah bayi memiliki kelainan genetik," kata Kay, dilansir Healthline.

"Tes ini juga dapat digunakan untuk menentukan apakah paru-paru bayi cukup sehat untuk bertahan hidup di luar rahim," sambungnya.

Banner kiat khusus merawat janda bolongFoto: HaiBunda

Tes kromosom dilakukan oleh dokter kandungan atau ahli perinatologi di usia kehamilan minimal 15 minggu. Sebelum melakukan tes, ibu akan menjalani pemeriksaan ultrasonografi (USG). Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui ukuran bayi dan mengetahui usia kehamilan, Bunda.

Prosedur medis tes kromosom

Melansir dari Parents, usai menjalani USG, dokter akan mengoleskan larutan yodium anti-bakteri ke perut ibu. Selanjutnya, dokter akan menggunakan transducer ultrasonik untuk mendapatkan gambaran posisi bayi dan memasukkan jarum melalui dinding perut ke dalam rahim.

Kemudian, dokter akan mengambil sekitar satu ons cairan ketuban. Sampel ini lalu dikirim ke laboratorium untuk dianalisis. Nah, di laboratorium, sel janin dalam cairan ketuban akan dibiakkan dan kromosomnya akan dianalisis.

Prosedur ini mungkin terdengar menakutkan ya, Bunda. Tak perlu khawatir, sebenarnya tes kromosom hanya memakan waktu satu hingga dua menit dan tidak begitu menyakitkan.

Lalu seberapa penting tes ini dilakukan ibu hamil? Penjelasan lengkap bisa Bunda baca di halaman selanjutnya ya.

Simak juga persiapan dan tips melahirkan normal dari dokter, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KOMPLIKASI TES KELAINAN KROMOSOM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!