sign up SIGN UP search


kehamilan

Muntah Darah Saat Hamil, Benarkah Tanda Keguguran?

Annisa Karnesyia Jumat, 12 Feb 2021 09:09 WIB
Ibu Hamil Mual caption
Jakarta -

Mual dan muntah umum dialami ibu saat hamil. Namun, bagaimana jika muntah yang keluar berupa darah dan terus terjadi selama kehamilan?

Muntah darah selama hamil bisa saja terjadi, Bunda. Menurut dokter obgyn, Dr. Michele Hakakha, kondisi ini mungkin tidak normal dialami ibu hamil.

"Terkadang, ketika seorang wanita mengalami morning sickness yang parah dan muntah setiap hari, lapisan esofagusnya bisa menjadi sobek dan menyebabkan pendarahan," kata Hakakha, dilansir Parents.


Pada kondisi ini, beberapa solusi mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi dan menyembuhkan kerongkongan yang sakit. Namun, pada kondisi yang serius, muntah darah selama hamil butuh penanganan serius.

"Kondisi yang lebih serius dapat menyebabkan hemaremesis. Meski hanya sedikit, paling aman adalah menyampaikannya ke dokter," ujar Hakakha.

Dokter nantinya akan mencari penyebab muntah darah. Beberapa tes mungkin dilakukan, seperti endoskopi untuk melihat kerongkongan. Selain itu, tes lain yang direkomendasikan adalah tes darah, ultrasound, MRI, hingga CT Scan.

Muntah darah dan keguguran

Muntah darah saat hamil seringkali dikaitkan dengan keguguran. Menurut ahli nutrisi dan dokter Noreen Iftikhar, MD, muntah darah bukanlah tanda keguguran, Bunda.

Menurutnya, kehamilan masih bisa dikatakan baik-baik saja meski ibu mengalami muntah darah. Namun, jika memiliki gejala spesifik lain, mungkin perlu dikhawatirkan ya.

Beberapa gejala penyerta muntah darah yang perlu dikhawatirkan dan dikonsultasikan ke dokter, di antaranya:

- mual dan muntah parah
- kran perut parah
- nyeri punggung ringan hingga parah
- pusing dan sakit kepala serius
- pendarahan seperti menstruasi
- terjadi keputihan

Lalu apa penyebab muntah darah pada ibu hamil? Klik halaman berikutnya untuk penjelasan lengkap ya, Bunda.

Simak juga faktor pemicu keguguran dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



Banner Sacha Stevenson
Penyebab muntah darah selama hamil
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi