sign up SIGN UP search

kehamilan

Wanita Ini Atasi PCOS Berkat Diet, Salah Satu Menunya Nasi Kembang Kol

Annisa Karnesyia Minggu, 14 Mar 2021 13:22 WIB
Makanan diet caption
Jakarta -

Diet menjaga pola makan dipercaya bisa mengatasi sindrom ovarium polikistik atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) lho, Bunda. Hal inilah yang dialami seorang wanita dari India bernama Zalak Modi.

Dengan melakukan diet, Zalak Modi berhasil menurunkan berat badan dan mengatasi PCOS yang diidapnya. Modi rutin mengonsumsi keripik ragi dan nasi yang dicampur kembang kol dalam menu dietnya.

Cerita bermula saat Zalak Modi mengatahui bahwa PCOS yang diidapnya semakin parah. Ia lalu menyedari bahwa satu-satunya cara untuk memperbaiki kesehatannya dengan menjalani menu diet tanpa konsumsi pil.


Dalam waktu sembilan bulan, wanita 34 tahun itu berhasil mengatasi PCOS dan berat badannya turun. Selain diet makanan, Modi juga rutin berolahraga, Bunda.

Banner Aprilia Manganang

"Saya memiliki PCOS dan melakukan pengobatan yang sama sejak diagnosis. Saya dulu sangat mudah lelah dan memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Saya tahu bahwa satu-satunya solusi untuk bertahan hidup tanpa pil adalah menurunkan berat badan," kata Modi, dilansir Times of India.

Modi lalu mulai menjadwalkan dietnya setiap hari. Di bulan pertama, dia mengikuti diet yang sudah direncanakan. Lalu selanjutnya, dia membuat jadwal diet sendiri dengan mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan mengandung protein baik.

Salah satu resep rendah kalori andalannya adalah spageti zucchini, nasi kembang kol sebagai pengganti kentang, ubi goreng, dan es krim rendah kalori.

Makanan dietNasi kembang kol/ Foto: Makanan diet

Menu diet

Berikut jadwal makan Zalak Modi setiap hari:

Sarapan: konsumsi satu buah dan secangkir kopi hitam, atau roti dengan mentega.

Makan siang: dua chapatis (panekuk roti gandum India) dengan kari sayuran, salad, dan buttermilk. Jika lapar, makan camilan kacang, channa, atau makanan manis setelah makan siang.

Makan malam: satu porsi besar salad dengan campuran makanan India, seperti paratha, pav bhaji, khichdi, dan paneer burji. Untuk camilan, makan sepotong cokelat atau es krim redah kalori.

Makanan sebelum olahraga: protein bar atau kacang dan roti panggang, atau keripik ragi, atau salad moong dan channa dal.

Setelah olahraga, Modi biasanya tidak mengonsumsi suplemen protein. Namun, terkadang dia mengonsumsi protein bar saat merasa lapar.

Modi tidak memiliki cheat day khusus dalam jadwal dietnya. Yang pasti, ia tetap mengonsumsi pizza, tapi mencoba menyeimbangkan semua makanan yang dikonsumsi.

Salah satu menu andalan Modi untuk mengatasi PCOS dan menurunkan berat badan adalah keripik ragi dan kembang kol. Lalu, apa kaitan kedua menu ini dalam mengatasi PCOS?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga resep salad buah untuk menu diet, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

KERIPIK RAGI DAN KEMBANG KOL UNTUK ATASI PCOS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi