sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Tips Puasa Tetap Lancar bagi Ibu Hamil

Annisa Afani Kamis, 01 Apr 2021 19:01 WIB
Cute and lovely pregnant Muslim woman and her Muslim friend, spending the time together on a city street. caption
Jakarta -

Enggak terasa, bulan suci Ramadhan akan kembali menyapa, Bunda. Bagi Bunda yang sedang hamil dan berniat untuk tetap menjalankan puasa, maka ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan.

Hal tersebut tentunya menjadi hal yang penting, karena berguna untuk mencegah Bunda hamil dari dehidrasi selam berpuasa.

Bicara soal puasa di bulan Ramadhan bagi ibu hamil, dikatakan Imam Madani Abdur Rahman dari London, Islam memberi pilihan. Bunda hamil diperbolehkan tidak berpuasa jika itu membahayakan bayinya. Namun, harus mengganti puasa tersebut di lain waktu ketika sudah sanggup.


Banner zaskia sungkar melahirkan

"Kita harus menilai situasinya, jika dokter mengatakan puasa dapat menyebabkan masalah bagi ibu atau bayinya, maka ibu hamil tidak boleh puasa. Kesehatan harus selalu didahulukan," kata Imam Madani dilansir dikutip dari BBC.

Nah untuk Bunda yang merasa yakin untuk menjalankan ibadah puasa, berikut ini ada beberapa tips puasa bagi ibu hamil yang sudah dirangkum dari dari berbagai sumber:

1. Konsultasi dengan dokter

Berkonsultasilah dengan dokter atau bidan sebelum puasa, untuk memastikan bahwa Bunda cukup sehat untuk melaksanakan puasa. Jika ada risiko keguguran atau persalinan prematur yang sudah ada sebelumnya, maka bisa dipikirkan lagi untuk memutuskan puasa atau tidak.

2. Minum dengan cukup

Penting untuk minum banyak cairan saat sahur dan berbuka puasa, Bunda. Perlu untuk diingat, selama kehamilan, jumlah cairan yang Bunda hamil butuhkan dapat bertambah satu atau dua gelas ekstra sehari.

"Minumlah banyak air saat sahur dan berbuka. Berbuka juga dengan makanan sehat, termasuk protein, buah-buahan, kurma, dan serat," ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan di iCare Clinics, Rashi Gupta, dikutip dari Khaleej Times.

Simak informasi selengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga metode diet puasa, perut rata dan tekanan darah stabil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KONSUMSI CUKUP AIR DAN MAKANAN BERAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi