sign up SIGN UP search


kehamilan

Bantu Persalinan Anak Pertama, Bidan Novel: Pikiran Positif Cegah Ibu Takut Melahirkan

Annisa Karnesyia Kamis, 15 Apr 2021 14:13 WIB
Bidan Novel caption
Jakarta -

Melahirkan menjadi momen yang berarti bagi calon orang tua. Apalagi, bila ini baru pertama kali dialami Ayah dan Bunda ya.

Momen berharga kelahiran anak pertama juga dirasakan seorang Bunda yang melahirkan di bidan Novel. Beberapa waktu lalu, Bunda ini berhasil melahirkan seorang putra dalam keadaan sehat dan proses persalinan normal.

Dalam waktu singkat, putranya lahir melalui metode tiup-tiup. Metode ini memang tengah viral sejak diperkenalkan bidan Novel, Bunda.


Banner Anak Oki Setiana Dewi

"Ingat ya, kalau mengeluarkan bayi gampang, tapi mengontrol emosional saat kontraksi bukaan empat sampai sepuluh, di sanalah susahnya," kata bidan Novel, dikutip dari Instagram miliknya, Rabu (14/4/21).

Bidan bernama lengkap Novelita Damanik ini pun meminta sang Bunda untuk tetap tenang selama persalinan. Ia beberapa kali menginstruksikan tiup-tiup pada Bunda tersebut.

Dalam video berdurasi 14 menit itu, bidan Novel sempat menjelaskan alasannya membagikan video melahirkan pasien di kliniknya. Ia melakukan semua itu agar para Bunda tidak takut melahirkan.

"Tujuan kita videoin adalah membagikan afirmasi positif, kalau yang negatif enggak mungkin di share. Kalau ada yang jerit-jeritan, kasihan bumil yang lain bisa ketakutan. Kita kan membagikan hal positif biar Bunda lancar semua persalinannya," ujarnya.

Melalui metode tiup-tiup, bidan Novel telah menolong banyak Bunda melahirkan normal. Tak sedikit yang melahirkan tanpa robek atau lecet lho.

Di akhir video, bidan yang membuka praktik di Depok ini berpesan agar para Bunda berani melahirkan normal. Ia pun ingin Bunda tak sembarangan mengikuti grup bumil yang hanya memberikan informasi negatif seputar persalinan.

"Jadi yang lagi hamil, please berdayakan diri ya. Saran saya ibu hamil jangan pernah ikut grup ibu hamil, tapi isinya banyak komentar negatif di dalamnya," ujarnya.

"Itu bisa memengaruhi psikologis Bunda semua. Jadi, share hal yang positif bagi ibu hamil agar lahirnya lancar," sambungnya.

Bunda memang enggak boleh negative thinking selama hamil ya. Kita perlu menjaga psikologis agar kehamilan dan persalinan bisa lancar. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya.

Simak juga syarat melahirkan normal ala bidan Novel, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JAUHKAN PERASAAN NEGATIF SEBELUM MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!