sign up SIGN UP search


kehamilan

Nekat Melahirkan di Dukun Beranak, Rahim Wanita Ini Robek & Kepala Bayi 'Nyangkut'

Annisa Karnesyia Jumat, 23 Apr 2021 14:10 WIB
Melahirkan caption
Jakarta -

Melahirkan anak pertama dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi bila posisi kepala janin ternyata sungsang, Bunda.

Belakangan kisah seorang bumil yang melahirkan anak pertamanya menjadi viral di media sosial. Wanita yang tak diketahui identitasnya ini hampir mengalami hal fatal saat melahirkan anaknya yang sungsang.

Dalam akun Instagram @mak_inpoh, diceritakan seorang bumil datang ke klinik saat usia kehamilan 41 minggu. Saat dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa posisi kepala bayinya sungsang.


Dokter lalu merujuk bumil tersebut ke rumah sakit untuk melahirkan. Karena posisi kepala bayinya sungsang, dia direkomendasikan untuk melahirkan dengan operasi caesar, Bunda.

"Pasien datang ke klinik hamil anak pertama usia kehamilan 41 minggu dengan letak kepala bayi sungsang. Pasien sudah mengatakan sangat mules," demikian isi unggahan yang dilansir pada Kamis (22/4/21).

"Berdasarkan hasil pemeriksaan, akhirnya dokter memutuskan pasien harus dirujuk ke RS untuk lahiran secara caesar," sambung unggahan tersebut.

Banner tanaman hias pembawa hoki.Banner tanaman hias pembawa hoki./ Foto: Mia Kurnia Sari

Setelah mendapat rujukan, bumil tersebut bukannya ke rumah sakit, melainkan ke dukun beranak. Ia pun menjalani proses melahirkan di sana.

Sayangnya, kondisi bumil tersebut malah memburuk saat melalui persalinan di dukun beranak. Kepala bayinya tersangkut dan rahimnya pecah karena memaksa untuk mengeluarkan bayinya.

"Kepala bayi tersangkut dan tidak bisa keluar, rahim pecah akibat didorong paksa untuk mengeluarkan kepala bayi oleh dukun beranak," tulis keterangan di akun gosip ini.

Pada akhirnya bumil tersebut kembali ditangani medis, Bunda. Ia pun harus menjalani operasi untuk bisa melahirkan anaknya.

Kejadian seperti ini tentu dapat menjadi pelajaran berharga untuk para Bunda yang bersiap untuk melahirkan ya. Menurut dokter, posisi kepala bayi sungsang memang tak bisa dianggap sepele. Seperti apa penjelasan lengkapnya?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga persiapan dan tips melahirkan normal menurut dokter, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

OPERASI CAESAR UNTUK BAYI SUNGSANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi