sign up SIGN UP search


kehamilan

Cek Bun, 5 Cara Membuat Sperma Subur dan Tingkatkan Peluang Hamil

Meita Fajriana Kamis, 30 Sep 2021 17:15 WIB
Asian young couples man and woman staying together in bed room. Girl hugging boy from behind, looking eyes at each other feeling love happy with smile face. Relationship of young girl and boy concept caption

Tahukah Bunda, lifestyle yang baik sangat berpengaruh pada kesuburan baik bagi perempuan ataupun laki-laki. Ya, sperma subur juga bergantung dari pola makan sehat, olahraga teratur, hingga menghindari hal-hal yang merusak sperma seperti alkohol dan rokok.

Jika Bunda dan Ayah sedang program hamil, yuk cari tahu lebih dalam tentang cara kerja sperma yang subur sehingga berpeluang menjadi kehamilan. Perlu tahu juga, bagaimana cara meningkatkan kesuburan sperma agar Bunda cepat hamil.

Melansir dari laman MayoClinic, hal yang harus dilakukan saat ingin berhasil terjadinya kehamilan dari sisi pria yakni menghindari makan dan minuman manis dalam jumlah berlebihan. Dengan begitu, tubuh dapat mengontrol gula darah dan berat badan. Keduanya ini berhubungan erat dengan kesuburan sperma, Bunda.


Banner Journaling Sehatkan Mental

Jumlah sperma dan kaitannya dengan peluang kehamilan

Bunda dan Ayah perlu ketahui, jumlah sperma mengacu pada jumlah rata-rata sperma yang ada dalam satu sampel air mani. Berdasarkan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terbaru, para ahli menganggap, jumlah sperma yang sehat adalah 15 juta per mililiter atau setidaknya 39 juta per ejakulasi. Sedangkan jumlah sperma di bawah 15 juta per ml dianggap rendah dan bisa menyebabkan masalah kesuburan.

"Secara keseluruhan, para profesional kesehatan percaya bahwa faktor-faktor yang memengaruhi kadar testosteron memiliki dampak paling signifikan pada jumlah dan kualitas sperma. Kondisi medis tertentu, termasuk kelainan genetik bawaan, infeksi, dan tumor, juga dapat memengaruhi jumlah sperma," kata Daniel Murell, M.D., dokter kesuburan yang berbasis di New York, Amerika Serikat, dikutip dari Medical News Today.

Meski begitu, beberapa pilihan gaya hidup dan pengobatan alami dapat membantu mendukung hormon yang mengontrol produksi sperma, sehingga bisa membantu perkembangan sperma yang sehat dan meningkatkan jumlah sperma.

Nah, Bunda, berikut cara alami untuk memperbaiki kesuburan dan meningkatkan jumlah sperma:

1. Olahraga dan tidur cukup

Beberapa penelitian menunjukkan, penurunan berat badan dan olahraga teratur bagi mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas bisa membantu peningkatan jumlah sperma. Sebuah studi pada 2017 meneliti manfaat program latihan aerobik 16 minggu, setidaknya tiga sesi selama 50 menit per minggu.

Para peserta mencapai 50 - 65 persen dari detak jantung puncak mereka. Dalam studi tersebut, olahraga teratur meningkatkan jumlah dan gerakan atau motilitas sperma pada 45 pria obesitas dan gaya hidup kurang gerak.

2. Tinggalkan rokok

Sebuah meta-analisis pada 2016, yang meninjau hasil lebih dari 20 penelitian dengan total hampir 6.000 peserta, menemukan bahwa merokok secara konsisten mengurangi jumlah sperma, Bunda. Para peneliti membuktikan, orang yang merokok tembakau dalam jumlah sedang atau berat memiliki kualitas sperma lebih rendah daripada orang yang merokok lebih sedikit atau tidak merokok sama sekali.

Lihat tips lain di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga dampak tidak pakai alat KB terhadap kesuburan Bunda, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
CARA MENINGKATKAN JUMLAH SPERMA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!