sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Perubahan Tubuh yang Bunda Rasakan Saat Hamil Tujuh Bulan

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 20 May 2021 17:41 WIB
Young pregnant woman suffering from abdominal pain at home caption

Jakarta - Memasuki kehamilan di trimester ketiga atau minggu ke-28, biasanya perubahan besar akan semakin dirasakan. Ini dikarenakan kondisi perut yang semakin membesar dan tentunya membuat ketidaknyamanan tersendiri.

Kehamilan yang semakin membesar tentu mendatangkan rasa yang tidak nyaman untuk tidur maupun beraktivitas. Biasanya, fase ini dirasakan ketika masuk hamil 7 bulan atau trimester ketiga. 

Berikut perubahan yang Bunda rasakan saat hamil 7 bulan:


1. Susah membungkuk

Melansir dari Parenting First Cry, karena semakin membesarnya ukuran perut, Bunda juga akan semakin sulit membungkuk.

2. Bengkak dan kembung

Selain itu, Bunda juga akan mengalami pembengkakan dan rasa kembung akibat peningkatan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Banner Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

3. Berjalan lebih lambat

"Bunda juga akan mengalami ketidaknyamanan atau perubahan saat berjalan. Bunda akan berjalan lebih lambat an kaki secara otomatis akan terbuka saat berjalan untuk menopang perut," ujar Dr Sabiha Anjum seorang obgyn.

Oh ya, Bunda, kesulitan dalam berjalan juga dirasakan karena tungkai dan kandung kemih mengalami tekanan yang disebabkan oleh perut yang membesar. Bunda juga akan mengalami sakit punggung karena penambahan berat badan. 

4. sering buang air kecil

Selain itu, bayi yang terus bertumbuh di dalam perut juga akan semakin menekan kandung kemih di mana membuat Bunda mengalami keinginan untuk buang air kecil lebih sering.

5. Nafas terengah-engah

Tak hanya itu saja, nafas Bunda mungkin akan terengah-engah lebih dari biasanya dan kehadiran punggung yang semakin sakit karena membesarnya rahim juga akan dirasakan.

6. Perubahan emosional

Perubahan emosional dan depresi juga dapat terjadi selama trimester ketiga ini ya, Bunda. Bersiaplah untuk menghadapinya karena perubahan suasana hati akan lebih konstan. Jangan menyalahkan diri sendiri atas semua pergolakan emosional yang Bunda alami, seperti dikutip dari laman Aboutkidshealth.

7. Merasakan tendangan bayi

Sementara pada bayi sendiri, gerakan bayi pada hamil 7 bulan akan mulai berubah. Saat ruang di dalam rahim menjadi sempit, bayi mungkin akan melakukan gerakan yang lebih kecil seperti menggeser siku dan lututnya. Bayi juga cenderung meringkuk dan menyilangkan kakinya. 

Apakah Bunda juga merasakan tendangan atau sikutan janin dari dalam kandungan? Klik halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk membaca informasi lebih lengkap!

Bunda, simak juga yuk posisi yang baik untuk ibu hamil agar tak picu kontraksi palsu. Klik video di bawah ya:

[Gambas:Video Haibunda]

OLAHRAGA YANG BAGUS SAAT HAMIL 7 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi