sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Hal yang Dilarang Selama Masa Nifas, Bunda Pantang Diet

Dr. dr. Suskhan Djusad, Sp.OG (K) Senin, 10 May 2021 17:11 WIB
Woman sitting in a white bedroom with little child and smiling caption
Jakarta -

Masa nifas merupakan periode yang akan dilalui wanita setelah melahirkan. Lama masa nifas sendiri berlangsung selama 40 hari atau 6 minggu.

Selama masa nifas, akan keluar darah yang disebut lochia. Awalnya, darah lochia akan berwarna merah (lochia rubra) dan lama-kelamaan berubah menjadi putih dan berlendir (lochia alba). Masa nifas akan berakhir setelah lochia tidak lagi keluar dari rahim.

Tidak ada obat khusus yang diminum selama menjalani masa nifas. Namun, terkadang dokter akan memberikan vitamin tambahan yang berkaitan dengan proses menyusui. Vitamin biasanya dikonsumsi untuk memperbanyak produksi ASI.


Penanganan medis dengan obat-obatan bisa diberikan bila ditemukan adanya infeksi yang menyebabkan perdarahan. Obat infeksi yang umumnya diberikan adalah antibiotik.

Aktivitas yang perlu dihindari pada masa nifas

Selama masa nifas, kesehatan dan kondisi tubuh perlu diperhatikan. Berikut 3 aktivitas yang sebaiknya dihindari selama masa nifas:

1. Berhubungan seks di masa nifas

Berhubungan seks di masa nifas tidak diperbolehkan. Sebab, masih keluar darah lochia di daerah intim wanita.

Jika memaksa untuk melakukannya, Bunda dapat berisiko terkena infeksi. Infeksi seperti masuknya kuman ke area intim bisa menyebabkan perdarahan serius.

2. Diet

Selama masa nifas, tidak diperbolehkan diet dalam bentuk apapun karena Bunda masih menyusui. Meski begitu, penting untuk mengatur pola makan yang bernutrisi agar tubuh cepat pulih dan membantu proses menyusui.

3. Olahraga berat

Olahraga dengan intensitas berat tidak disarankan selama masa nifas karena masih darah lochia masih keluar. Namun, setiap harinya Bunda tetap bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan.

Masa nifas dapat menjadi periode transisi yang dimulai dari melahirkan. Selama periode ini, kondisi tubuh perlu dijaga terutama bila memutuskan untuk menyusui eksklusif.

Selain larangan yang perlu Bunda ketahui selama masa nifas, ada juga lho beberapa hal yang dianjurkan agar menyusui jadi lancar.

Informasi selanjutnya, bisa Bunda baca di halaman berikut!

Bunda, wajarkah tidak menstruasi setelah melahirkan? Simak keterangannya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



3 HAL PENTING SAAT MASA NIFAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!