sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Menyusui di Masa Nifas, Bisa Kembalikan Bentuk Rahim Bun

Annisa Karnesyia Senin, 03 May 2021 10:34 WIB
Ibu menyusui Manfaat Menyusui di Masa Nifas, Bisa Kembalikan Bentuk Rahim Bun/ Foto: iStock
Jakarta -

Menyusui tak hanya memberikan manfaat bagi bayi, tapi juga Bunda. Manfaat luar biasa menyusui bahkan sudah bisa dirasakan saat masa nifas.

Masa nifas umumnya berlangsung selama 40 hari. Selama periode ini, Bunda akan mengalami banyak perubahan tubuh usai melahirkan. Salah satunya adalah rahim membesar dan keluar darah (lochia).

Menyusui selama masa nifas ternyata bisa membantu mengembalikan bentuk rahim lho, Bunda. Hal ini karena dalam ASI mengandung hormon oksitosin.


"Saat menyusui ada hormon oksitosin dan prolaktin yang bekerja. Hormon oksitosin itu terangsang saat bayi mengisap dan berfungsi untuk melancarkan keluarnya ASI dari payudara. Sedangkan, hormon prolaktin untuk memproduksi ASI," kata konselor laktasi, dr.Lia Kurnia Hartanti kepada Haibunda, Rabu (28/4/21).

banner doa mantan istri uasbanner doa mantan istri uas/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Hormon oksitosin tak hanya bermanfaat untuk menyusui. Saat dirangsang, hormon ini juga akan bekerja untuk mengecilkan rahim yang besar setelah melahirkan dan mencegah pendarahan.

"Hormon oksitosin ini sangat bermanfaat di masa nifas karena bisa mengecilkan lagi rahim yang tadinya besar," ujar dokter Lia.

"Kalau hormon ini tidak bekerja, itu akan menyebabkan pendarahan setelah melahirkan. Jadi menyusui itu bisa mencegah pendarahan saat masa nifas karena adanya hormon oksitosin," sambungnya.

Selama masa nifas, Bunda biasanya akan mengalami rasa nyeri yang bisa mengganggu aktivitas menyusui nih. Rahim umumnya akan berkontraksi dan perut terasa kram seperti ingin menstruasi.

Kondisi ini wajar kok dialami setelah melahirkan normal atau caesar. Tak perlu khawatir karena rasa nyeri akan berkurang hingga menjelang akhir masa nifas.

Lalu bagaimana bila rasa nyeri ini sangat mengganggu? Adakah cara mencegah rasa nyeri sebelum masa nifas?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips perbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB NYERI SAAT MASA NIFAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi