sign up SIGN UP search


kehamilan

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memutuskan Program Bayi Tabung

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 20 Jul 2021 16:45 WIB
LANGKAH SEBELUM MEMULAI BAYI TABUNG
Pregnant woman and doctor in hospital caption

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memutuskan Program Bayi Tabung

Setelah fase stimulasi selesai, dokter kemudian akan mengeluarkan telur dari indung telur (dengan anestesi umum) dan menggabungkannya dengan sperma pasangan di laboratorium. 

Kemudian, tiga hingga lima hari setelah pengambilan telur, satu atau lebih embrio akan ditempatkan kembali ke dalam rahim Bunda. Kemudian, dua minggu setelahnya, Bunda akan kembali ke dokter untuk melakukan tes kehamilan dan menentukan apakah IVF berhasil atau tidak.

Sebelumnya, Bunda dan pasangan juga akan melewati pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. "Mencapai berat badan yang sehat, membatasi asupan alkohol dan berhenti merokok serta penggunaan zat lainnya dapat meningkatkan tingkat keberhasilan IVF," kata Deidre D. Gunn, M.D,
asisten profesor endokrinologi reproduksi dan infertilitas dari University of Alabama di Birmingham.


Selain itu, Bunda dan Ayah disarankan juga mencoba mengendalikan kondisi medis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes sebelum mencoba untuk hamil.

Dalam proses bayi tabung sendiri, Bunda pun perlu memahami akan ada beberapa yang perlu Bunda adaptasi. Di antaranya yakni adanya efek samping yang mungkin timbul.

Perlu Bunda tahu, Bunda akan dipompa penuh dengan hormon. Jadi, Bunda mungkin akan lebih emosional selama siklus IVF berlangsung. Tak hanya itu, efek samping ringan seperti tekanan, kram atau kembung di daerah panggul, nyeri payudara, dan ketidaknyamanan akibat suntikan kesuburan juga dapat terjadi.

Oh ya, Bunda, proses bayi tabung juga akan memunculkan sedikit risiko komplikasi kehamilan atau kelahiran. Ini dikarenakan memiliki lebih dari satu embrio yang ditanamkan selama IVF, akan meningkatkan peluang Bunda untuk hamil kembar di mana meningkatkan risiko persalinan prematur dan berat badan lahir rendah. 

Meski demikian, Bunda tidak perlu khawatir karena semua proses tersebut tentunya dalam pengawasan tim medis. Apalagi, dalam program bayi tabung, ada kemungkinan juga untuk memiliki pemilihan jenis kelamin.

Beberapa tempat program bayi tabung biasanya akan memberikan kesempatan pada pasutri untuk memilih jenis kelamin yang diinginkan untuk ditanamkan. Sementara yang lainnya tidak memberikan kebijakan itu dan hanya mentransfer embrio dengan kualitas terbaik.

Ada baiknya, Bunda dapat menanyakan lebih lanjut pada obgyn yang menangani Bunda ya. Sehingga program bayi tabung dapat berjalan sukses dan sesuai harapan.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!