sign up SIGN UP search


kehamilan

13 Makanan yang Sebaiknya Tak Disantap saat Hamil, Bisa Picu Keguguran

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 19 Jun 2022 19:10 WIB
pregnancy, healthy food and people concept - happy pregnant woman eating vegetable salad for breakfast at home caption

Jakarta - Saat menjalani kehamilan, seorang ibu perlu mendapatkan asupan yang bergizi untuk kesehatan dirinya dan perkembangan janin. Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya karena memiliki risiko tersendiri pada proses kehamilan. 

Dr Sabiha Anjum, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, mengatakan beberapa makanan bahkan bisa memicu keguguran, teruama saat trimester satu kehamilan.

"Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari makanan tertentu selama kehamilan untuk mencegah keguguran," jelas Anjum dilansir Parenting Firstcry.


Dalam laman NHS disebutkan bahwa makanan yang terkontaminasi memang dapat meningkatkan risiko keguguran, sebagai contoh:

  • Listeriosis paling sering ditemukan pada produk susu yang tidak dipasteurisasi, seperti keju biru
  • Toksoplasmosis yang dapat ditularkan dengan makan daging terinfeksi mentah atau setengah matang
  • Salmonella yang paling sering disebabkan makan telur mentah atau setengah matang

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari:

1. Nanas

Nanas mengandung bromelain, yang melembutkan serviks dan memulai kontraksi persalinan sebelum waktunya, yang mengakibatkan keguguran. Konsumsi nanas yang berlebihan seperti 7-10 buah utuh dapat menyebabkan pendarahan. Untuk memastikannya, konsultasikan dengan dokter.

"Wanita hamil dapat mengonsumsi nanas dalam jumlah sedang selama tahap awal kehamilan," ujar Anjum. 

2. Kepiting

Kepiting memang makanan yang kaya kalsium, Namun kadar kolesterolnya tinggi. Menurut Anjum hal tersebut  dapat menyebabkan penyusutan rahim dan menyebabkan pendarahan internal dan keguguran. 

3. Biji wijen

Jika bumil ingin mengonsumsi biji wijen, konsumsilah dalam jumlah sedikit. Biji wijen, apakah biji wijen hitam atau putih, bila dikonsumsi bersama madu, dapat menyebabkan masalah pada awal kehamilan.

4. Hati Hewan

Hati hewan kaya akan vitamin A. Jika mengonsumsinya dua kali sebulan tidak terlalu berbahaya dan tidak menyebabkan keguguran. Tetapi, jika bumil mengonsumsinya dalam jumlah banyak, ini meningkatkan akumulasi retinol secara bertahap yang dapat berdampak buruk pada kesehatan bayi.

5. Lidah buaya

Llidah buaya mengandung antrakuinon, sejenis pencahar yang menyebabkan kontraksi rahim dan pendarahan panggul, sehingga rawan menyebabkan keguguran. Namun, gel lidah buaya, bila dioleskan ke wajah, tidak berbahaya selama kehamilan.

6. Pepaya

Pepaya mentah dan pepaya hijau memiliki komponen yang bertindak sebagai pencahar dan menyebabkan persalinan prematur. Biji pepaya juga kaya akan enzim yang menyebabkan kontraksi rahim, yang memicu keguguran.

7. Produk susu mentah

Susu yang tidak dipasteurisasi memiliki bakteri pembawa penyakit seperti Listeria monocytogenes, yang dapat berbahaya bagi kehamilan. Mengkonsumsi produk susu tersebut dapat menyebabkan komplikasi kehamilan.

8. Kafein

Menurut penelitian, kafein, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, cukup aman selama kehamilan. Namun, peningkatan kadar kafein selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau bayi dengan berat badan kurang. Kafein tidak hanya hadir dalam kopi, tetapi juga dalam teh, cokelat, dan beberapa minuman energi.

9. Ikan bermerkuri

Bumil sebaiknya menghindari varietas yang memiliki kandungan merkuri tinggi seperti king mackerel, orange roughy, marlin, shark, tilefish, swordfish, dan bigeye tuna. Asupan merkuri yang berlebihan dapat memengaruhi perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Masih ada beberapa makanan lainnya, namun ada yang berpendapat itu hanya mitos. Benarkah? Klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang makan mi instan saat hamil, apakah bisa bahayakan janin?

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HINDARI DAGING OLAHAN, TELUR TAK MATANG, DAN SAYURAN TAK DICUCI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!