sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Menambah Energi hingga Bikin Kulit Glowing

Annisa Karnesyia Senin, 30 Aug 2021 16:05 WIB
Ibu Hamil Makan Almond caption
Jakarta -

Bunda lagi mencari camilan selama masa kehamilan? Coba deh konsumsi kacang almond untuk menambah energi di antara waktu makan utama.

Almond adalah jenis kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi di almond terdiri dari beragam vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan nutrisi kacang almond

Dalam 23 gram almond mengandung sekitar 4 gram serat, 6 gram protein, serta vitamin E, B2, dan beberapa mineral lain. Kacang ini juga merupakan sumber antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas lho.


"Almond kaya akan serat, kalsium, vitamin E, riboflavin, dan niasin dibandingkan jenis kacang lainnya," kata ahli diet Jenny Heap, dilansir Live Science.

"Setiap satu ons (sekitar 23 almond) mengandung 6 gram protein dan 4 gram serat, ditambah vitamin E, magnesium, riboflavin, kalsium, dan potasium. Sebagai tambahan, kacang ini juga makanan yang rendah indeks glikemi," sambungnya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition tahun 2005 menunjukkan, almond memiliki kandungan nutrisi yang besar bila dimakan utuh dengan kulit cokelatnya. Studi ini mengidentifikasi 20 flavonoid atioksidan di dalam kulit almond dan dikombinasikan dengan kandungan vitamin E yang tinggi di daging almond.

Flavonoid memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Bersama antioksidan, flavonoid dapat mengatasi peradangan dan menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol, Bunda.

Kacang almond untuk ibu hamil

Kacang almond dapat menjadi alternatif camilan bagi Bunda yang lagi hamil. Beberapa studi menunjukkan bahwa kacang almond bisa menjadi camilan terbaik untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

"Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa almond adalah camilan tinggi karbohidrat olahan yang mampu mendukung kesehatan jantung," ujar Heap.

Kacang almond bisa dikonsumsi di tiap trimester kehamilan ya. Setidaknya Bunda bisa makan 4 sampai 6 kacang setiap pagi untuk meningkatkan memori.

Porsi makan kacang almond di trimester pertama bisa sekitar 60 gram per hari. Memasuki trimester kedua, Bunda dapat konsumsi sekitar 90 gram, dan trimester akhir sekitar 100 sampai 120 gram.

Bunda bisa mencampur almond dengan menu camilan lain selama hamil. Namun, konsumsi kacang ini mungkin perlu dihindari bila Bunda punya gejala alergi.

Ibu Hamil Makan AlmondIbu Hamil Makan Almond/ Foto: iStock

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil

Kacang almond memberikan manfaat untuk ibu hamil bila dikonsumsi dalam batas wajar. Dilansir beberapa sumber, berikut 10 manfaat kacang almond untuk ibu hamil:

1. Mencegah cacat tabung saraf

Kacang almond adalah salah satu makanan yang mengandung asam folat, Bunda. Seperti kita tahu, asam folat dapat membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi dalam kandungan..

Selain itu, asam folat juga penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Selama kehamilan, Bunda membutuhkan sekitar 400 mikrogram asam folat. Salah satu sumber makanan pilihan asam folat adalah kacang almond.

2. Mencegah pertambahan berat badan yang berlebihan

Makan kacang almond saat hamil dapat mengontrol kenaikan berat badan, Bunda. Almond bisa membuat perut kenyang lebih lama dan menurunkan risiko kenaikan berat badan berlebih saat hamil.

Dalam sebuah penelitian pada 20 wanita dengan berat badan berlebih yang hamil, ditemukan bahwa konsumsi almond mampu memberikan rasa kenyang dan menurunkan hormon penyebab rasa larap.

3. Melindungi bayi dari kemungkinan alergi

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Allergy and Clinical Immunology tahun 2012, mengonsumsi kacang selama kehamilan akan melindungi anak dari alergi di kemudian hari. Asupan kacang yang tinggi diyakini bisa melindungi anak dari sakit asma karena mengandung vitamin E dan seng.

4. Meningkatkan perkembangan sarat

Meski belum terbukti, banyak ilmuwan percaya bahwa anak cenderung memiliki IQ yang lebih baik dan stabil secara emosional bila lahir dari ibu yang suka makan kacang. Sebuah studi yang dilakukan oleh Barcelona Institute for Global Health juga menemukan kaitan ini, Bunda.

Menurut mereka, ada hubungan antara ibu yang makan kacang selama trimester pertama dengan perkembangan saraf anak. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa anak-anak ini menunjukkan hasil terbaik dalam tes yang mengukur fungsi kognitif, fokus, dan memori.

5. Menambah energi

Almond merupakan sumber protein nabati yang bisa menambah energi selama hamil dan persalinan. Makan kacang almond selama hamil juga membatu meningkatkan perkembangan bayi agar tetap sehat.

6. Menjaga kesehatan saluran cerna

Kacang almond kaya akan serat yang bagus untuk menjaga kesehatan saluran cerna ya, Bunda. Serat ini juga dapat mengatur pergerakan usus yang sehat.

Selama hamil, banyak para Bunda mengalami sembelit yang mengganggu aktivitas. Nah, konsumsi kacang almond sebagai camilan bisa bermanfaat mengatasi sembelit ini lho.

7. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Dalam satu ons kacang almond umumnya menyediakan sekitar 75 miligram kalsium. Kandungan mineral ini dapat menurunkan risiko preeklampsia dan membantu pembentukan tulang pada janin. Sementara itu, kandungan protein di kacang ini dipercaya bisa membangun jaringan otot.

8. Menjaga daya tahan tubuh

Selama hamil, menjaga daya tahan tubuh atau imunitas itu penting. Tujuannya agar Bunda tak mudah terpapar virus yang menyebabkan sakit dan memengaruhi janin.

Salah satu cara mudah menjaga daya tahan tubuh selama hamil adalah konsumsi makanan bergizi. Nah, kacang almond dapat menjadi alternatif camilan bergizi yang mengandung vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan zat besi di di kacang almond paling berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, zat besi diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung bayi dan mencegah anemia.

9. Menjaga tekanan darah agar stabil

Kandungan magnesium di kacang almond bisa menjaga kadar tekanan darah agar stabil. Tekanan darah yang tinggi bisa berbahaya selama kehamilan karena bisa memicu preeklampsia dan gangguan di ginjal.

Kekurangan magnesium sudah lama dikaitkan dengan tekanan darah. Studi menunjukkan bahwa memperbaiki asupan magnesium yang kurang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

10. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat kacang almond tak hanya diperoleh saat kita memakannya. Bunda bisa menggunakan almond sebagai pengganti scrub wajah.

Rendam kacang almond di dalam air sepanjang malam. Keesokan harinya, Bunda bisa merebus kacang almond yang sudah direndam sampai menjadi seperti pasta.

Nah, pasta kacang almond ini bisa langsung diaplikasikan sebagai scrub wajah. Fungsinya untuk membuang sel-sel kulit mati yang menempel di kulit sehingga membuat wajah glowing.

Simak juga 5 makanan yang bisa cegah anemia pada Bunda hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!