sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Penyebab BB Susah Turun Usai Melahirkan Menurut Dokter, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Selasa, 14 Sep 2021 20:40 WIB
MEMULAI OLAHRAGA USAI MELAHIRKAN
Fit Female Stretching At Home On Exercise Mat And Taking Selfie On Smartphone caption

Salsa, founder Salsalivefit, mengatakan bahwa memulai olahraga bagi bunda pasca melahirkan itu menyesuaikan kondisi tubuh masing-masing. Ya, setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda.

"Aku punya banyak klien yang dia sama obgyn-nya H+2 minggu SC sudah boleh olahraga tapi ada terms and condition-nya. Tapi ada juga yang dia memilih untuk ya sudah nanti saja olahraganya, pasca 6 bulan atau 3 bulan. Kembali ke kondisi masing-masing bunda," tutur Salsa.

Salsa melanjutkan, penting untuk dicatat, sebelum Bunda memulai olahraga, Bunda perlu konsultasikannya ke dokter kandungan. Kenapa?


"Sebelum olahraga biasanya aku refer ke klien untuk tanya dahulu ke dokter kandungan bagaimana kondisinya, kalau misalnya sudah oke, sudah dibilang boleh, sesuai dengan terms and condition-nya kita bisa mulai olahraga," ucapnya.

Menurutnya, olahraga bisa dimulai paling cepat itu biasanya H+40 hari melahirkan. Latihannya pun harus dilakukan secara bertingkat.

Berdasarkan pengalamannya sendiri dengan kliennya, Salsa bercerita, "Di H+40 itu seperti apa latihannya seperti, baru kira-kira di pertemuan ke berapa sama aku bisa melakukan gerakan-gerakan di aku."

Salsa juga mengingatkan bahwa setelah melahirkan banyak otot yang lagi tidur karena pasca melahirkan selama 40 hari enggak olahraga sama sekali. Jadi badannya pasti kaku banget, Bunda. Apabila 'dihajar' dengan olahraga sebaiknya jangan terlalu berat dan macam-macam.

"Tiba-tiba langsung zumba, atau apa. Padahal perlu tahapan-tahapan," ungkap Salsa.

(aci/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!