sign up SIGN UP search


kehamilan

8 Manfaat Telur Rebus untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Cegah Anemia

Annisa Karnesyia Jumat, 24 Sep 2021 17:45 WIB
Ilustrasi ibu hamil makan telur dan minum susu caption
Jakarta -

Telur rebus boleh dikonsumsi selama kehamilan ya, Bunda. Manfaat telur rebus untuk ibu hamil ternyata cukup banyak lho.

Secara umum, telur adalah makanan yang aman dikonsumsi saat hamil. Sebab, telur adalah sumber protein hewani yang kaya akan vitamin, mineral, dan lemak baik.

"Makan telur selama kehamilan sangat baik karena menyediakan semua nutrisi penting untuk ibu dan bayinya. Telur adalah makanan yang kaya energi dan sumber nutrisi penting untuk tubuh," kata Dokter Obgyn Dr. Sabiha Anjum, dilansir Parenting Firstcry.


Bunda hanya boleh mengonsumsi telur rebus atau yang sudah matang selama hamil. Konsumsi telur mentah sangat tidak dianjurkan karena berisiko menyebabkan masalah kesehatan selama hamil.

Telur mentah yang tidak dimasak dapat menjadi inang bagi bakteri penyebab penyakit, seperti Salmonella. Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan, membuat Bunda muntah, diare, demam tinggi, sakit kepala, sakit perut, hingga dehidrasi.

"Dalam beberapa kasus, gejala bisa menjadi serius dan menyebabkan persalinan prematur bahkan keguguran. Kondisi ini dikenal sebagai keracunan Salmonella," ujar Anjum.

Nutrisi telur rebus

Telur rebus yang dimasak matang tetap memiliki kandungan nutrisi ya, Bunda. Sumber protein hewani ini mengandung vitamin A, B6, D, E, dan K.

Dalam satu telur rebus mengandung sekitar 78 kalori dan 6 gram protein. Selain itu, telur juga mengandung kalsium dan zat besi yang baik untuk ibu hamil. Kuning telur yang sudah matang merupakan sumber kolin, yakni zat yang dibutuhkan untuk perkembangan otak.

Kandungan vitamin dan mineral di telur juga menjadi komponen antioksidan. Ditambah kandungan lutein dan zeaxanthin, telur bisa menangkal radikal bebas penyebab kerusakan mata.

Infografis Mitos Makanan Ibu HamilInfografis Mitos Makanan Ibu Hamil/ Foto: HaiBunda

Manfaat telur rebus untuk ibu hamil

Telur rebus memiliki segudang manfaat untuk Bunda yang lagi hamil nih. Melansir dari berbagai sumber, berikut 10 manfaat telur rebus untuk ibu hamil:

1. Perkembangan otak janin

Telur mengandung kolin, yakni senyawa yang bermanfaat untuk perkembangan otak. Kolin juga bermanfaat untuk mencegah janin terkena spina bifida dan anensefali.

Selain kolin, telur rebus kaya akan omega 3, Bunda. Seperti kita tahu, omega 3 juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi otak.

3. Perkembangan janin secara keseluruhan

Protein dalam telur rebus adalah bahan penyusun sel-sel tubuh janin yang dibutuhkan untuk berkembang dengan baik. Jadi, penting bagi Bunda makan telur rebus yang matang selama hamil.

Dilansir Motherly, seorang ibu hamil harus mendapatkan 40 sampai 70 gram protein, dan dalam satu butir telur mengandung sekitar 7 gram protein ini. Jadi, makan 2 telur rebus sehari adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan protein.

4. Mencegah anemia

Anemia adalah musuh besar ibu hamil. Satu-satunya cara mencegah anemia adalah mencukupi kebutuhan zat besi, Bunda.

Nah, makan telur rebus bisa menjadi alternatif pemenuhan zat besi selama hamil. Telur adalah sumber protein yang juga mengandung tinggi zat besi.

5. Menstabilkan kadar gula darah

Telur termasuk makanan rendah kalori dan karbohidrat. Sebagai bahan makanan, telur sangat cocok dikonsumsi ibu hamil yang didiagnosis mengalami diabetes gestasional nih.

Kandungan protein di telur juga bisa menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Telur rebus termasuk jenis makanan yang rendah indeks glikemik-nya.

6. Menstabilkan kadar kolesterol

Konsumsi telur rebus dalam porsi yang tepat bisa menstabilkan kadar kolesterol. Asalkan, Bunda menghindari makan kuning telur karena tinggi kolesterol.

Dalam satu telur biasanya mengandung sekitar 185 mg kolesterol. Sementara tubuh membutuhkan asupan kolesterol setidaknya sekitar 300 mg per hari.

Konsumsi telur juga tidak disarankan setiap hari bagi Bunda yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Kebanyakan dokter merekomendasikan ibu hamil hanya makan putih telur bila kadar kolesterolnya tinggi. Namun, bisa makan telur rebus utuh bila kolesterol rendah.

7. Menjaga sistem imun tubuh

Selama hamil, Bunda perlu menjaga kondisi tubuh agar tidak gampang terpapar virus atau bakteri. Selain menjaga kebersihan, Bunda bisa konsumsi telur rebus karena mengandung vitamin D.

Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imunitas. Selain itu, vitamin ini juga diperlukan untuk perkembangan janin dan membuat tulang kuat.

8. Menjaga kesehatan organ tubuh

Kandungan vitamin A dalam telur rebus memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menjaga kesehatan organ di tubuh.

Vitamin A bisa menunjang perkembangan janin, seperti pada mata, paru-paru, ginjal, atau organ lainnya. Selain itu, kandungan vitamin D di telur rebus juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Protein dalam telur rebus akan bekerjasama dengan vitamin D untuk mendorong perkembangan prenatal. Elemen-elemen ini mendukung pertumbuhan gigi dan tulang selama kehamilan.

Menyiapkan telur rebus yang aman untuk ibu hamil

Telur rebus yang matang boleh dikonsumsi selama kehamilan ya, Bunda. Meski begitu, lama masak dan penyimpanannya harus tepat agar aman untuk Bunda dan janin. Mengutip Baby Center, berikut 4 aturan penting dalam menyiapkan telur rebus untuk ibu hamil:

  1. Pastikan merebus sampai kuning telur benar-benar matang. Pada umumnya, telur akan matang seluruhnya bila direbus setidaknya 12 menit.
  2. Simpan telur rebus yang belum atau sudah dikupas di kulkas dengan suhu sekitar 4 derajat Celsius. Konsumsi telur sebaiknya tidak lebih dari seminggu setelah direbus.
  3. Jangan biarkan telur rebus terpapar suhu hangat lebih dari 2 jam atau minimal 1 jam.
  4. Sebelum dimakan, panaskan kembali telur rebus yang telah disimpan di lemari es. Setidaknya panaskan di suhu sekitar 73 derajat Celsius.

Telur rebus sebaiknya langsung dimakan usai dimasak. Hindari membeli telur rebus karena kita tidak pernah tahu lama penyimpanannya, Bunda.

Simak juga 5 penyebab Bunda sulit turunkan berat badan usai melahirkan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!