sign up SIGN UP search


kehamilan

Hari Kontrasepsi Sedunia, Ini 7 Alat KB yang Tokcer Cegah Kehamilan

Annisa Karnesyia Senin, 27 Sep 2021 16:30 WIB
Alat kontrasepsi caption
Jakarta -

Tahukah Bunda, Hari Kontrasepsi Sedunia diperingati setiap tanggal 26 September tiap tahunnya. Sama dengan tahun sebelumnya, Hari Kontrasepsi Sedunia kembali diperingati di masa pandemi COVID-19.

Seperti kita tahu, penggunaan alat kontrasepsi adalah program KB (keluarga berencana) yang dibuat pemerintah. Program ini bertujuan untuk mengendalikan pertambahan jumlah penduduk, membatasi angka kelahiran, dan mengatur jarak kelahiran.

"Program ini diharapkan bisa menurunkan angka kematian ibu dan bayi karena kehamilan tidak diinginkan atau jarak kelahiran terlalu dekat," demikian seperti dikutip dari laman Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes).


Alat kontrasepsi atau dikenal dengan alat KB bisa menjadi solusi perencanaan kehamilan untuk Ayah dan Bunda nih. Melalui perencanaan kehamilan, pertumbuhan anak bisa menjadi lebih baik karena mendapatkan kasih sayang dan perhatian lebih banyak dari orang tuanya.

Banner Journaling Sehatkan MentalFoto: HaiBunda/Mia

Menurut Dokter Spesialis Kandungan, dr. Yassin Yanuar Mohammad SpOG-KFER, Msc, penggunaan KB juga bisa menjadi salah satu metode untuk menunda kehamilan. Ada banyak pilihan KB yang dapat menyesuaikan karakteristik kita, Bunda.

"Metode KB yang bisa digunakan ada yang paling sederhana dan membutuhkan alat. Itu tersedia banyak pilihannya dan memang masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya," kata Yassin, dalam Live IG HaiBunda, belum lama ini.

"Kalau saya bilangnya itu ada karakteristik yang perlu disesuaikan penggunanya. Intinya, semua KB itu baik untuk merencanakan keluarga, tapi nanti ada karakteristik yang sesuai dari penerimanya sehingga bisa cocok," sambungnya.

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, 7 alat KB yang aman untuk merencanakan kehamilan:

1. Kondom

Kondom merupakan alat KB yang bisa digunakan saat berhubungan seksual. Mengutip laman Monitoring Berkualitas (Monika) BKKBN, cara kerja kondom adalah menghalangi sperma agar tidak memasuki vagina, sehingga mencegah kehamilan.

Kondom juga dapat menghalangi masuknya bakteri, virus, atau jamur ke dalam vagina, sehingga mencegah penularan infeksi menular seksual dan HIV. Perlu diingat, penggunaan kondom hanya untuk satu kali pakai ya, Bunda.

Efektivitas kondom untuk mencegah kehamilan mencapai 85 persen atau angka kegagalan 15 kehamilan per 100 perempuan per tahun. Jenis alat kontrasepsi ini tidak mengganggu produksi ASI dan tidak perlu resep dokter atau pemeriksaan kesehatan khusus untuk menggunakannya.

Namun, kedisiplinan penggunaan kondom sangat memengaruhi keberhasilan alat kontrasepsi. Sebab, kondom harus selalu tersedia setiap kali berhubungan seksual.

Simak jenis kondom lainnya di halaman berikutnya ya.

Simak juga 5 penyebab Bunda sulit menurunkan berat badan usai melahirkan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ALAT KB AMAN: IMPLAN HINGGA IUD
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!