sign up SIGN UP search


kehamilan

16 Ciri Perkembangan Janin 5 Bulan yang Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani Jumat, 01 Oct 2021 11:25 WIB
Ilustrasi ibu hamil caption

Tidak hanya perubahan pada tubuh Bunda yang terasa sangat menarik saat hamil, tapi perkembangan janin saat usia 5 bulan juga sangat menakjubkan untuk diketahui. Di usia ini sudah banyak aspek pertumbuhannya yang bahkan bisa Bunda rasakan dari luar, lho. Menyenangkan sekali bukan?

Perkembangan janin di usia kehamilan 5 bulan

Dilansir dari Parenting First Cry, pada tahap ini, pertumbuhan bayi terjadi dengan cukup cepat. Panjang tubuh bayi akan menjadi antara 13 – 25,6 cm, dan beratnya akan berkisar antara 140 hingga 300 gram. Berikut ini adalah perkembangan yang akan dilalui bayi Bunda di bulan kelima kehamilan.

  1. Kulit bayi Bunda akan dilapisi dengan lapisan yang tebal, lembut dan melindungi ini yang kemudian disebut vernix. Lapisan pelindung ini membantu melindungi kulit bayi yang masih rapuh dari cairan ketuban.
  2. Otot dan tulang bayi Bunda juga akan menjadi lebih padat. Lalu bagian tangan, kaki, jari tangan, dan kakinya akan mulai terdefinisi dengan baik.
  3. Lalu menyertai perkembangan janin usia 5 bulan, alis, kelopak mata, bulu mata, rambut, telinga, dan kuku bayi Bunda akan mulai terbentuk.
  4. Bayi Bunda sekarang dapat meregangkan tubuhnya, lalu membuka matanya sedikit, menguap, mengisap ibu jarinya, menendang, dan bergerak-gerak.
  5. Bayi Bunda juga akan mampu memutar dan membalikkan badannya di dalam perut Bunda, lho.
  6. Selain itu, bayi Bunda sekarang akan dapat membuat ekspresi wajah yang berbeda-beda.
  7. Jadwal kegiatannya baru terdiri dari tidur dan bangun saja Bunda.
  8. Selama waktu ini, sidik jari bayi Bunda akan mulai terbentuk.
  9. Ia juga mulai mengembangkan alat kelamin pada tahap ini.
  10. Bayi Bunda mulai mendengar suara-suara. Oleh karena itu, suara-suara dari luar pun mulai bisa mengganggunya.
  11. Otaknya akan semakin berkembang lebih jauh.
  12. Pada minggu ke-18, sistem kekebalan tubuh Si Kecil juga akan berkembang.
  13. Pada minggu ke-20, sistem saraf mulai berfungsi sedikit demi sedikit.
  14. Kelenjar endokrin dan limpa akan mulai menjalankan perannya.
  15. Bayi Bunda mungkin akan mulai mengambil posisi kepala di bawah.
  16. Bayi Bunda akan mulai mengembangkan kepekaan terhadap cahaya.

Tidak hanya perkembangan janin 5 bulan seperti yang dijelaskan di atas, pada usia ini bayi Bunda akan mulai lebih aktif bergerak, dan biasanya akan mulai dirasakan oleh Bunda, berikut detail lebih lengkapnya.


Ekspektasi gerakan janin saat hamil 5 bulan

Seperti dilansir dari Healthline, Bunda mungkin sudah mulai merasakan bayi Bunda mulai bergerak-gerak sekarang, berputar-putar dan menggelegak di rumah rahim kecil mereka yang nyaman.

Tapi mungkin juga Bunda belum merasakan apa-apa. Namun jangan khawatir, ini juga tetap merupakan hal yang normal karena pada dasarnya setiap orang dan setiap kehamilan tidak akan sama persis.

Pada sebagian besar kehamilan mereka yang pertama, Bunda akan melihat gerakan awal yang disebut juga dengan quickening, sekitar pada usia kandungan 16 hingga 20 minggu. Tetapi patut dicatat ya Bunda bahwa setiap bayi berbeda-beda.

Selain itu tidak selalu mudah untuk mengenali apa yang Bunda rasakan jika Bunda belum pernah merasakannya sebelumnya. Mungkin ada kalanya Bunda menebak-nebak apakah yang Bunda rasakan adalah gerakan bayi atau bukan.

Jika ini bukan pertama kalinya Bunda hamil, maka Bunda mungkin akan mengenali akselerasi gerakan ini mulai dari kandungan masih di usia 13 atau 14 minggu, meskipun tidak selalu demikian. Ingat bahwa tidak semua Bunda hamil mengalami hal yang sama.

Selain itu, ukuran dan posisi bayi Bunda serta penempatan plasenta Bunda juga dapat berpengaruh dan membuat Bunda jadi lebih sulit atau bahkan lebih mudah dalam merasakan gerakan bayi. Namun bagaimanapun juga, pada saat kandungan Bunda mencapai usia 5 bulan Bunda dapat mulai mengharapkan untuk mulai merasakan sesuatu kapan saja.

Bunda belum harus menghitung tendangan. Hal ini baru akan dimulai sekitar usia kandungan 28 minggu untuk mengetahui pergerakan dan kesiapan janin untuk dilahirkan. Namun jika Bunda sedikit khawatir karena alasan apa pun tentang gerakan bayi Bunda maka sebaiknya bicarakan dengan dokter untuk memastikan kondisi janin baik-baik saja.

Demikian berbagai rincian perkembangan janin 5 bulan yang bisa dijadikan gambaran mengenai kondisi bayi dalam kandungan Bunda. Semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu ya Bunda dan Si Kecil.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!