sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Menandai Keputihan Tanda Hamil, Lihat Warnanya Ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 18 Oct 2021 12:36 WIB
Pregnant woman sitting on couch and holding her abdomen caption

Jakarta - Keputihan bisa menjadi penanda bahwa Bunda sedang hamil lho. Namun sayangnya, banyak Bunda tidak menyadari karena keputihan tanda hamil dan jelang haid seringkali tidak menunjukkan banyak perbedaan. 

Itu sebabnya, banyak Bunda yang mengabaikan keputihan sebagai tanda pasti kehamilan. Apalagi, keputihan merupakan hal yang wajar dialami wanita setiap bulannya ya, Bunda.


Keputihan sendiri merupakan cairan yang keluar dari vagina dan biasanya berwarna putih atau bening. Jumlah keputihan sendiri tergantung apakah dalam fase sedang menstruasi, sedang hamil, atau sedang mengalami menopause.

Ciri keputihan tanda hamil

Pada keputihan yang normal biasanya akan tampak terlihat seperti susu, air, atau putih telur, dan setiap perubahan dalam konsistensinya menunjukkan adanya infeksi, seperti dikutip dari laman Toplinemd.

Selain fase menstruasi atau menopuase, keputihan juga dialami sebagai tanda hamil pada wanita. Biasanya, keputihan tanda hamil berbentuk bening dan berair atau encer.

Saat hamil, serviks maupun dinding vagina melunak dan meningkatkan keputihan saat tubuh mulai bersiap untuk kehamilan. Proses ini membantu mencegah virus dan bakteri memasuki vagina.

Ketika kehamilan berlanjut, Bunda mungkin akan mengalami keputihan yang berlebihan. Fase ini pun mungkin akan Bunda alami sepanjang kehamilan hingga menjelang persalinan.

"Semua jenis keputihan bisa tampak mengkhawatirkan, tetapi itu tidak selalu merupakan tanda masalah," ujar Oluwatosin Goje, MD, seorang obgyn, seperti dikutip Cleveandclinic.

Goje menambahkan bahwa keputihan memang dapat bersifat normal atau tidak normal. Sehingga, Bunda memang perlu memerhatikan siklus tersebut dan memahami apa yang menyebabkan keputihan tersebut.

Keputihan normal memang dapat bervariasi dari bening hingga putih susu. Keputihan tersebut bisa menandakan salah satu hal umum yakni ovulasi. Perlu Bunda tahu bahwa terkadang keputihan dapat mengubah konsistensi dan warna selama siklus menstruasi. Selama ovulasi, tubuh dapat menghasilkan cairan yang lebih kental, putih, dan elastis.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk mengetahui informasi mengenai keputihan tanda hamil lainnya ya!

Bunda, simak juga yuk fakta mengenai keputihan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



5 CARA MENANDAI KEPUTIHAN TANDA HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!