sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Menandai Keputihan Tanda Hamil, Lihat Warnanya Ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 18 Oct 2021 12:36 WIB
5 CARA MENANDAI KEPUTIHAN TANDA HAMIL
Closeup young sick woman with hands holding pressing her crotch lower abdomen. Medical or gynecological problems, healthcare concept caption

Sementara pada keputihan tanda hamil biasanya lebih berair dan encer. Perubahan ini pun dapat Bunda tandai sebelum periode terlewat sehingga Bunda dapat mengidentifikasi adanya kehamilan.

Di luar keputihan tanda hamil, Bunda memang perlu memerhatikan betul gejala yang menyertainya. Karena, selain keputihan tanda hamil, ada banyak juga tanda dan gejala lain yang mungkin Bunda rasakan.

1. Haid terlewat

Bagi Bunda yang memiliki siklus haid teratur, telat datang bulan seringkali menjadi tanda awal kehamilan. Namun, hal ini memang juga kerap disebabkan berbagai hal ya, Bunda, seperti gangguan emosional, penyakit, penurunan berat badan yang parah, olahraga berlebihan, dan lainnya, seperti dikutip dari laman Emmasdiary.


2. Keputihan berwarna jernih

Nah, sebagai tanda awal kehamilan, peningkatan keputihan menjadi hal normal di awal kehamilan. Biasanya, keputihan tanda hamil ditandai dengan keputihan yang jernih. Tetapi, jika keputihan menjadi berwarna, berbau, atau menyebabkan gatal, nyeri dan berdarah, segera berkonsultasi dengan dokter ya, Bunda.

3. Payudara lembut

Payudara mungkin langsung terasa berbeda jika hamil. Beberapa Bunda merasakan bahwa puting lebih terasa sensitif atau payudara terasa lebih berat, lebih penuh, dan sedikit sakit.

4. Sering buang air kecil

Lebih sering buang air kecil selama awal kehamilan merupakan hal yang normal. Banyak pula Bunda yang merasa harus bangun di malam hari terkadang lebih dari sekali di awal kehamilannya. Kebutuhan ini biasanya disebabkan tekanan dari rahim yang membesar pada kandung kemih. Biasanya, sedikit memudar di pertengahan semester dan kembali lagi ketika bayi mulai besar dan mulai menekan kandung kemih.

5. Merasa lelah

Cepat lelah umum terjadi selama tiga bulan awal kehamilan, dan merupakan gejala awal kehamilan yang jelas. Bunda yang biasanya memiliki energi tak berbatas kini mendapati harus tidur siang di siang hari. 

Efek kelelahan di bulan awal kehamilan memang hal normal sebagai tanda kehamilan. Biasanya, disebabkan karena tubuh harus beradaptasi dengan perubahan kadar hormon yang cepat. Banyak Bunda akan menemukan bahwa kelelahan akan mereda dan kemudian kembali lagi di trimester akhir.

Semoga informasi mengenai keputihan tanda hamil membantu ya, Bunda.

(som/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!