sign up SIGN UP search


kehamilan

Luar Biasa! Nenek 70 Tahun Berhasil Melahirkan Anak Pertama Lewat Bayi Tabung

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 24 Oct 2021 17:25 WIB
First moments with the baby and the excitement of being a family or parents caption
Jakarta -

Merasakan proses kehamilan dan memiliki anak adalah impian semua orang, Bunda. Tak terkecuali oleh nenek berusia 70 tahun asal Kutch, India, ini.

Jivuben Valabhai Rabari merupakan seorangĀ lansia yang sudah menikah selama 45 tahun, Bunda. Selama menikah, ia dan suami sangat ingin memiliki seorang anak. Namun, Tuhan belum memberikan kepercayaan kepada mereka.

Nenek itu kemudian memberanikan diri pergi ke dokter yang berada di kota Bhuj dan meminta agar diperbolehkan untuk menjalani program bayi tabung. Mendengar permintaanya, para dokter merasa ini akan menjadi tantangan terbesar bagi tim.


Melansir dari laman The Times of India, Jiivuben datang dengan keberanian yang sangat besar, Bunda. Para dokter pun tak bisa menolak permintaan pasien yang penuh dengan rasa berani ini.

Meskipun Jivuben tak memiliki dokumen asli yang bisa membuktikan berapa usianya, para dokter yakin bahwa usianya sudah melebihi 65 tahun dan memasuki usia 70-an.

Banner Jenis Bougenville

Sebelum menerima permintaan Jivuben, dokter sudah memberitahukan risiko apa yang bisa terjadi padanya, Bunda. Dokter memberikan nasihat tentang risiko kehamilan, namunĀ dengan cerita yang cukup menyentuh hati, ia benar-benar meyakinkan dokter bahwa menginginkan kehadiran seorang anak.

Seorang Ginekolog bernama Dr. Naresh Bhanushali mengatakan bahwa Jivuben diberikan obat-obatan oral untuk membuat siklus menstruasinya teratur, Bunda. Tak hanya itu, timnya juga sudah melebarkan rahim Jivuben yang menyusut karena usia.

"Kami membuahi sel telurnya dan menciptakan blastokista dan memindahkannya ke rahim," katanya.

Setelah dua minggu, dokter mencoba melakukan sonografi atau teknik untuk menggambarkan organ pada masa kehamilan, Bunda. Siapa yang sangka kalau keajaiban telah terjadi. Bayi yang ada di rahim Jivuben berkembang dan terus mendapatkan pantauan dari dokter.

Dokter kemudian menemukan detak jantung pada janin, Bunda. Jivuben kemudian memutuskan untuk melanjutkan kehamilannya.

Meski tak memiliki penyakit penyerta, Jivuben memiliki risiko tekanan darah karena usianya. Dokter kemudian memutuskan untuk melakukan operasi caesar setelah 8 bulan kehamilan. Bayi Jivuben lahir dengan selamat pada bulan September 2021 lalu.

Bayi tabung memang kerap dijadikan jalan bagi seseorang agar bisa mendapatkan seorang anak, Bunda. Kalau Bunda ingin mencobanya juga, ada beberapa efek samping yang perlu Bunda ketahui, nih.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video kelebihan melakukan hubungan seks saat hamil berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



EFEK SAMPING BAYI TABUNG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!