sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil, Cegah Sembelit hingga Jaga Kesehatan Kulit

Annisa Karnesyia Senin, 22 Nov 2021 18:30 WIB
Jambu air Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/naramit
Jakarta -

Jambu air memiliki nama Latin Syzygium aqueum, Bunda. Buah berwarna merah ini dikenal memiliki segudang manfaat kesehatan, termasuk untuk ibu hamil.

Buah jambu air dikenal juga dengan nama rose apple. Seperti kebanyakan buah, jambu air bisa langsung dimakan saat sudah matang.

Menurut Tabel Komposisi Pangan Indonesia seperti melansir dari laman Panganku, dalam 100 gram jambu air mengandung 87 gram air, serat 2,1 gram, serta 46 kalori. Jambu air juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Berikut komposisi nutrisi di dalam 100 gram jambu air:


  • Kalsium 8 miligram (mg)
  • Fosfor 9 mg
  • Zat besi 1.1 mg
  • Natrium 11 mg
  • Kalium 321.2 mg
  • Seng 0.1 mg
  • Beta karoten 92 mcg
  • Thiamin (vitamin B1) 0.02 mg
  • Riboflavin (vitamin B2) 0.38 mg
  • Niacin 4.6 mg
  • Vitamin C 5 mg

Jambu air bisa dikonsumsi siapa pun, termasuk ibu hamil. Sejauh ini, belum ada penelitian yang mengulas secara detail tentang dampak ibu hamil konsumsi jambu air, Bunda.

Ibu hamil makan tomat

Manfaat jambu air untuk ibu hamil

Jambu air bisa dikonsumsi saat hamil untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral di tubuh. Mengutip berbagai sumber, berikut 7 manfaat jambu air untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah jambu air mengandung vitamin C dan beta karoten yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beta karoten juga dikenal dapat memelihara jaringan tubuh, Bunda.

Dilansir Health Benefits Times, vitamin C di buah jambu air dapat meningkatkan fungsi dan produksi sel darah putih. Sebagai senyawa antioksidan, vitamin C juga bisa mengatasi stres oksidatif dan secara efektif dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sakit.

2. Mencegah kram otot

Kram otot dapat dialami Bunda selama masa kehamilan. Selain istirahat yang cukup, Bunda bisa mengonsumsi jambu air untuk mengatasinya lho.

Buah jambu air mengandung kalium yang bisa meningkatkan kekuatan otot. Jumlah kalium di jambu air juga cukup untuk mengurangi kram otot.

3. Menjaga kesehatan kulit

Selama hamil, Bunda enggak boleh lupa menjaga kesehatan kulit ya. Apalagi mengingat ibu hamil bisa mengalami perubahan kulit yang signifikan selama masa kehamilan.

Nah, salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah banyak makan buah seperti jambu air. Kandungan vitamin dalam buah ini dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan pola makan buruk, stres, atau polusi. Pada akhirnya, buah ini bisa mengatasi kulit kering, berjerawat, hingga mengurangi kerutan di wajah.

4. Antibakteri

Studi pra klinis menunjukkan bahwa ekstrak kulit jambu air efektif melawan bakteri penyebab sakit, seperti Staphylococcus aureus, Yersinia enterocolitica, Staphylo coccus hominis, Staphylococcus cohnii, dan Staphylococ cus warneri. Korelasi ini ditujukkan dari peningkatan jumlah tanin dalam buah.

Selain buahnya, daun jambu air juga dipercaya bisa menjadi antibakteri lho. Studi terbaru menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu air memiliki efek antibakteri yang kuat terhadap Propionibacterium acnes, yakni organisme yang menyebabkan jerawat.

5. Mencegah sembelit

Menurut studi yang diterbitkan di Acta Obstetricia et Gynecologica Scandinavica, hampir tiga dari empat ibu hamil mengalami sembelit. Selain karena hormon, sembelit atau konstipasi juga bisa disebabkan karena dehidrasi atau kekurangan air.

"Kurangnya air dalam tubuh akibat kurang minum bisa menyebabkan tinja menjadi keras, sehingga sulit dikeluarkan dan kemudian menjadi sembelit," tulis Tim Naviri dalam Buku Pintar Ibu Hamil.

Bunda bisa memenuhi asupan cairan untuk cegah sembelit dari konsumsi buah jambu air nih. Selain mengandung banyak air, buah ini juga memiliki serat yang mendukung sistem pencernaan.

6. Mengatasi diabetes

Mengatur kadar gula darah penting selama kehamilan untuk mencegah timbulnya diabetes. Bunda perlu memilih makanan sehat seperti jambu air untuk mencegah dan mengatasinya.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jambu air dapat mengurangi kadar glukosa darah dengan meningkatkan aktivitas enzim metabolisme karbohidrat, seperti glukosa-6-fosfat dehidrogenase, heksokinase dan glukosa-6-fosfatase.

7. Menjaga kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa kandungan niacin di buah jambu air dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) dan mengurangi trigliserida serta kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein).

Kandungan antioksidan dan kalium di buah ini juga mampu mengendalikan kadar kolesterol. Seperti kita tahu, kolesterol yang buruk bisa menyebabkan masalah di jantung.

8. Mencegah kanker

Jambu air mengandung beta karoten yang di tubuh diubah menjadi vitamin A. Vitamin A dan C bersama senyawa aktif lainnya dapat bekerja melindungi tubuh dari kanker, Bunda.

Dikutip dari Only My Health, ada berbagai penelitian membuktikan efektivitas jambu air untuk kanker payudara dan prostat.

9. Mengatasi peradangan

Selain sebagai antibakteri, buah jambu air juga bersifat anti-inflamasi atau peradangan. Senyawa dalam buah ini dapat melancarkan aliran darah di daerah yang nyeri.

Senyawa di jambu air juga mampu bekerja melawan efek peradangan di usus. Setidaknya dengan makan buah jambu air, rasa nyeri akibat peradangan bisa berkurang.

10. Sumber zat besi

Buah jambu air bisa jadi pilihan camilan bernutrisi untuk memenuhi asupan zat besi selama hamil. Zat besi dapat mencegah kekurangan sel darah merah atau biasa disebut anemia. Anemia bisa menyebabkan berat badan lahir rendah (BBLR) atau lahir terlalu dini (prematur).

Zat besi juga dibutuhkan untuk membantu memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh bayi. Jambu air adalah buah yang komplit karena mengandung vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Simak juga 5 ide jus penambah darah selama hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!