sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan 27 Minggu: Bunda Mulai Merasakan Si Kecil Cegukan

Meita Fajriana   |   Haibunda Selasa, 28 Dec 2021 16:26 WIB
PERUBAHAN PADA TUBUH DI KEHAMILAN 27 MINGGU
Pregnancy And Cold. Sick Pregnant Lady Blowing Nose In Tissue Feeling Unwell Sitting On Couch At Home caption

Bunda sekarang telah hamil selama lebih dari enam bulan. Selama waktu itu, tubuh Bunda telah melalui banyak penyesuaian, dan itu akan terus berlanjut hingga menjelang kelahiran bayi. Semangat ya Bunda hebat!

Seperti banyak wanita yang memasuki trimester ketiga, Bunda mungkin kelelahan secara fisik dan emosional. Saat bayi Bunda tumbuh, gejala dan keluhan kehamilan seperti mulas, penambahan berat badan, sakit punggung, dan pembengkakan semuanya akan meningkat Bunda. 

Antara minggu 24 dan 28, dokter Bunda akan melakukan uji untuk diabetes gestasional. Diabetes gestasional adalah akibat dari perubahan hormonal selama kehamilan yang mengganggu produksi dan resistensi insulin.


Jika Bunda didiagnosis dengan diabetes gestasional, dokter Bunda akan menentukan tindakan untuk memantau dan mengobati gula darah Bunda tersebut, agar kesehatan Bunda dan bayi dapat terjaga. 

Pada akhir minggu ke-27, dokter Bunda akan memberikan suntikan imunoglobulin Rh. Suntikan ini mencegah antibodi berkembang yang bisa berbahaya bagi bayi Bunda.

Ini hanya diperlukan untuk wanita yang darahnya tidak mengandung protein antigen yang ditemukan pada sel darah merah. Golongan darah Bunda menentukan apakah Bunda memerlukan suntikan ini atau tidak.

Bagaimana pun tidak lama lagi Bunda akan bertemu dengan Si Kecil. Jadi bertahanlah ya Bunda. Si kecil juga sedang berusaha bersama Bunda, tumbuh dan berkembang dengan baik. 

(pri/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!