sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Pertimbangan sebelum Putuskan Menjalani Program Bayi Tabung, Semangat Bun!

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 01 Jan 2022 17:45 WIB
Infertility problem with marriage couple concept. A fertility doctor or reproductive endocrinologist with man and women holding hand together in therapy consult session of inability to pregnant. Ilustrasi program bayi tabung/Foto: Getty Images/iStockphoto/Pornpak Khunatorn

Jakarta - Saat Bunda dan Ayah memutuskan untuk melakukan program bayi tabung in vitro fertilization (IVF), pastinya akan merasa bersemangat sekaligus deg-degan ya?

Di satu sisi, prosedur ini akan membuat Bunda yang memiliki masalah dengan kesuburan ini selangkah lebih dekat dengan kehamilan. Namun, di sisi lain, tidak tahu dengan apa yang diharapkan dan dikhawatirkan apakah program bayi tabung ini berhasil atau tidak.

In vitro fertilization (IVF) adalah salah satu dari beberapa teknik yang tersedia untuk membantu orang dengan masalah kesuburan memiliki bayi. Pada IVF, sel telur dikeluarkan dari ovarium wanita dan dibuahi dengan sperma di laboratorium. Telur yang dibuahi, disebut embrio, kemudian dikembalikan ke rahim wanita untuk tumbuh dan berkembang.


Sebelum memutuskan untuk menjalani program ini, Bunda yang ingin melakukan program bayi tabung sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut. 

1. Waktu terbaik untuk program bayi tabung

American Society for Reproductive Medicine merekomendasikan bahwa jika seorang wanita yang berusia di bawah 35 tahun ingin melakukan program bayi tabung, dia harus mencoba hamil selama setahun terlebih dahulu. Jika dia berusia di atas 35 tahun, dia harus mencoba selama 6 bulan.

Namun, beberapa dokter percaya tidak ada alasan untuk menunggu terlalu lama karena ada tes dan pemeriksaan yang dapat dilakukan oleh dokter kandungan terlebih dahulu.

“Anda tidak ingin menghabiskan satu tahun mencoba dan kemudian mengetahui bahwa Anda memiliki masalah. Jadikan pemeriksaan kesuburan sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan,” kata Dr Aimee Eyvazzadeh, MD, seorang ahli endokrinologi reproduksi di praktik swasta di San Francisco, dikutip dari The New York Times.

2. Perkiraan biaya

Sulit untuk mengetahui berapa biaya pasti program IVF sebelum Bunda mengetahui prosedur apa yang Bunda perlukan. Cari tahu terlebih dahulu apakah asuransi Bunda menanggungnya atau berapa lama waktu yang Bunda perlukan untuk hamil.

Banner Denah Rumah Minimalis 3 KamarBanner Denah Rumah Minimalis 3 Kamar/ Foto: HaiBunda/Mia

3. Pahami langkah IVF

Sebelum menjalaninya, Bunda perlu tahu bahwa IVF melibatkan 6 tahap utama yakni:

1. Menekan siklus alami Bunda, siklus menstruasi Bunda ditekan dengan obat-obatan.

2. Membantu indung telur Bunda menghasilkan sel telur ekstra, obat digunakan untuk mendorong indung telur Bunda memproduksi lebih dari 1 sel telur sekaligus.

3. Memantau kemajuan Bunda dan mematangkan telur Bunda, pemindaian ultrasound dilakukan untuk memeriksa perkembangan telur, dan obat-obatan digunakan untuk membantu telur matang.

4. Mengumpulkan telur, jarum dimasukkan melalui vagina Bunda dan ke dalam ovarium Bunda untuk mengeluarkan telur.

5. Membuahi telur, telur dicampur dengan sperma selama beberapa hari untuk memungkinkan mereka dibuahi.

6. Menstransfer embrio, 1 atau 2 telur yang dibuahi embrio ditempatkan ke dalam rahim Bunda.

Setelah embrio dipindahkan ke dalam rahim Bunda, Bunda harus menunggu 2 minggu sebelum melakukan tes kehamilan untuk melihat apakah pengobatan berhasil atau tidak.

Simak kelanjutannya di halaman berikutnya yuk Bunda.

Saksikan juga video tentang menguak mitos keberhasilan bayi tabung di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM PROGRAM BAYI TABUNG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!